PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MAN 1 KERINCI

Authors

  • J.M. Rizarizki Mahasiswa Program Studi Magister Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Khairinal Khairinal Dosen Program Studi Magister Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Siti Syuhada Alumni Program Studi Magister Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.765

Keywords:

Pengembangan, Media, dan Android

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 Kerinci (2) Mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 Kerinci (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 Kerinci. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Januszewski dan Molenda (2008) dalam Suryani, Setiawan, dan Putria, (2018:125) yaitu model ADDIE (Analysis-Desain-Development-Implementation-Evaluation). Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: 1) hasil validasi ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 82,69% dengan kriteria sangat layak. 2) hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 97,72% dengan kriteria sangat layak. (2) keefektifan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan uji coba lapangan, meliputi uji coba guru diperoleh nilai 92,5 dengan kriteria sangat efektif, (3) penggunaan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan uji coba lapangan, meliputi: 1) uji coba kelompok kecil yaitu 10 siswa diperoleh hasil 82,5%, 2) uji coba kelompok besar dengan 25 siswa kelas XI MAN 1 Kerinci, diperoleh hasil 86,7% dengan kriteria sangat baik. Pengembangan ini telah membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi sangat layak, sangat efektif, dan sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, pengembang menyarankan kepada guru ekonomi agar menggunakan media pembelajaran berbasis android  sebagai media pembelajaran.

References

Arsyad, Azhar. (2010) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Branch, R.M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approuch. New York: Springer.
Hidayatullah, Priyanto & Khawistara, J. K. 2015. Pemograman web. Bandung: Informatika Bandung.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. (1992). Qualitative Data Analysis; A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS)
Pranowo, Galih. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan ActionScript 3.0 Pada Flash CS5. Yogyakarta : Andi Publisher.
Richey, Rita & Nelson. (1996). Developmental Reserch In Jonassen (ed). Hand Book of Research for Educational Communicational and Technology. New York : McMillan Publishing Company.
Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grofindo Persada.
Smaldino, Sharon. E., Lowther, Deboran. L., Russel, James.D. (2005). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta: KENCANA
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutabri, Tata. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi Offset
Sutopo, Ariesto Hadi. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-12-19

How to Cite

Rizarizki, J. ., Khairinal, K. ., & Syuhada, S. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MAN 1 KERINCI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 967–978. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.765

Most read articles by the same author(s)