PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, BIAYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MELANJUTKAN PROGRAM S2 PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Authors

  • Refor Diansyah Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Indonesia
  • Khairinal Khairinal Dosen Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Indonesia
  • Rosmiati Rosmiati Dosen Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1135

Keywords:

: Motivasi Belajar, Biaya Pendidikan, Status Sosial Ekonomi Keluarga, Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Program S2

Abstract

Minat mahasiswa FKIP Universitas Jambi angkatan 2018 untuk melanjutkan pendidikan ke S2 masih tergolong tinggi. Namun, tidak semua mahasiswa tersebut dapat melanjutkan mimpinya untuk melanjutkan pendidikan ke S2. Salah satu faktor yang menjadi pengaruh bagi minat tersebut adalah Motivasi belajar, biaya pendidikan yang besar dan status sosial ekonomi keluarga, yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap status sosial ekonomi keluarga, (2) Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap status sosial ekonomi keluarga, (3) Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (4) Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (5) Pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (6) Pengaruh motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga, (7) Pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path anlisys). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa mahasiswa FKIP UniversitasJambi angkatan 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 306 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dengan bantuan google form. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,274, (2) Tedapat Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,540, (3) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,158, (4) Terdapat pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,270, (5) Terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,604, (6) Pengaruh motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,114, (7) Pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,225. Diharapkan dapat memberikan informasi mengenai keterkaitan Motivasi Belajar dan Status Ekonomi Keluarga siswa yang memiliki Minat Melanjutkan Pendidikan ke S2 sebagai dasar dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, sehingga dapat memaksimalkan faktor yang mempengaruhi tersebut.

References

AMSardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.

Djali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Ferdi W P. 2013. Financing of Education: A Theoritical Study.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume: 19 Nomor: 4 Desember 2013 Puslitjak, Balitbang, Kemendikbud.

Khadijah, Siti. 2017. Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal. Universitas Riau.

Khairinal. 2016. Menyusun : Prpopsal, Skripsi, Tesis, Disertasi. Jambi : Salim Media Indonesia.

Khairinal., Syuhadah, S., Fitriani. 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3 (1).

Mulyadi. 2009. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Erlangga.

Pintrich, Paul.R & Meece, Judith. 2012. Motivasi dalam Pendidikan (Teori Penelitian dan Aplikasi).Jakarta : PT. Indeks.

Ramadhon, Raka. 2017. Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal. Universitas Sriwijaya.

Suardi, Mohammad. 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarat : PT Indeks.

Suyanto, Bagong. 2013. Masalah Sosial Anak. Jakarta : Kencana Prenan Media Group.

Waruwu, Peresia.2017. Motivasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Pada Program Magister Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal. Universitas Riau.

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Diansyah, R., Khairinal, K. ., & Rosmiati, R. . (2022). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, BIAYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MELANJUTKAN PROGRAM S2 PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 728–739. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1135

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>