PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG BERBANTUAN SKETCHUP 3D UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK

Main Article Content

Tarial Tarial
Suratno Suratno
Ali Idrus

Abstract

Penelitian ini diadakan dengan latar belakang adanya kesenjangan antara tujuan Sekolah Menengah Kejuarua (SMK) dengan rendahnya hasil belajar siswa. Dimana tujuan SMK adalah untuk memberikan bekal kemampuan siap kerja kepada siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang dianut oleh dunia industri dan dunia kerja, namun pada kenyataannya masih banyak siswa SMK belum mengusai kompetensi yang seharusnya dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media Konstruksi dan Utilitas Gedung berbantuan SketchUp 3D untuk kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK serta mendeskripsikan kelayakan media yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model Lee & Owens terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu: assessment and analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil pengembangan berupa produk media pembelajaran Gambar Konstruksi dan Utilitas Gedung yang dibuat di aplikasi SketchUp 3D yang terdiri dari gambar denah pondasi, sloof, kolom, balok, pelat beton, kusen pintu dan jendela, rangka atap, dan plafon. Produk ini melalui proses validasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi serta uji coba produk kepada siswa. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, maka disimpulkan media pembelajaran sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK.

Article Details

How to Cite
Tarial, T., Suratno, S., & Idrus, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG BERBANTUAN SKETCHUP 3D UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 829-840. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1173
Section
Articles

References

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asyarullah, E.S dan Kamin S. 2018. “Learning Media for Vocational Education”. Artikel. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 299. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) See discussions, stats, and author profiles for this publication at : https://www.researchgate.net/publication/331594038

Asyhar, R. 2013. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Penerbit : Reperensi

Darmawan, D. 2009. Google SketchUp Mudah dan Cepat Menggambar 3Dimensi. Yogyakarta: Andi.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fauziah, P.R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Rumah Sehat Minimalis Berbasis Visual 3D SketchUp pada Mata Kuliah Dasar Graha. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Inpres Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. 9 September 2016.

Lee, W.W. & Diana L.O. 2004. Multimedia-based instructional design. San Francisco: Pfeiffer.

Pribadi, B.A. 2019. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rusdi, M. 2019. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sayuti, T. 2017. Penerapan Media 3D Sketchup Pada Kompetensi Dasar Mengintegrasikan Persyaratan Gambar Proyeksi Piktorial Berdasarkan Aturan Gambar Proyeksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. 1(1): 145-160.

Sudijono, A. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group