PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IIS 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH

Authors

  • Resi Yulia Aftiani Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Khairinal Khairinal Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Suratno Suratno Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Keywords:

E-Book, flip pdf professional, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar

Abstract

Dengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini guru di tuntut untuk bisa memanfaatkan berbagai media. Pendidik hanya menggunakan papan tulis, buku, LKS  dan slide power point biasa sebagai media pembelajaran peserta didik hanya mendengarkan apa yang dijelaskan oleh pendidik. Hal tersebut menimbulkan rasa bosan dan pembelajaran yang bersifat monoton sehingga peserta didik tidak tertarik dalam roses pembelajaran. Salah satu solusinya yaitu adanya alternatif media yang interaktif agar pembelajaran lebih menarik dan memudahkan peserta didik. E-book berbasis flip pdf professional merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan baik oleh pendidik  maupun peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang di gunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Sampai dengan uji kelompok besar. Hasil pengembangan E-Book menggunakan flip pdf professional pada materi lembaga jasa keuangan dalam perekonomian indonesia sudah dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji kelompok besar penilian angket kemandirian belajar siswa terhadap e-book yang dikembangkan dengan rata-rata persentase 80% dengan kriteria “Baik”. Termasuk kategori “Tinggi”. Hasil uji kelompok kecil penilaian angket minat belajar siswa terhadap e-book yang dikembangkan dengan rata-rata persentase 83% dengan kriteria “Baik”. Termasuk kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil uji kelompok besar penilian angket minat belajar siswa terhadap e-book yang dikembangkan dengan rata-rata persentase 83% dengan kriteria “Baik”, termasuk kategori “Tinggi”. Dari tanggapan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa e-book yang dikembangkan dapat meningkatkan Kemandirian dan minat belajar siswa.

References

Khairinal. (2016) Menyusun Proposalm Skripsi, Tesis & Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia, Jambi.
Mulyani, Hidayat, dan Lisnawati. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Smartbook Berbasis SainsUntuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 1 No. 1.
Pixyoriza. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. Skripsi, Universitas Raden Intan, Lampung.
Restiyowati, Illa., Sanjaya,dan Made, G. (2012) Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Journal of Chemical Education, Vol. 1, No. 1.
Silalihi, Albinus. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) Dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Di akses pada tanggal 21 juli 2020, pukul 01.28 WIB, dari: https://www.researchgate.net/publication/325681753
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, Edy. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belaja. Sukabumi: Haura Publishing.
Wavirotin, Z.C dan Yohanes. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Elektronik (E-Book) Untuk Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Pokok Bahasan Perdagangan Internasional Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Talun Blitar. JPE-Volume 9, Nomor 2.
Yamin, Martinis. (2013). Starategi dan metode dalamModel Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IIS 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Most read articles by the same author(s)