PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERBISNIS ONLINE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI 2020

Authors

  • Fernanda Tryazi Putra Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Ekawarna Ekawarna Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Rosmiati Rosmiati Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.412

Keywords:

Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Ekspektasi Pendapatan dan Minat Berbisnis Online

Abstract

Hadirnya fasilitas internet yang semakin terjangkau oleh semua kalangan menjadi salah satu faktor untuk memulai dan mengembangkan bisnis secara online. Dalam menjalankan bisnis online setiap mahasiswa telah memiliki online shop. Dan mereka menggunakan media online seperti facebook, blog dan website untuk menjalankan bisnis dalam menampilkan katalog produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Di Universitas Jambi, kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah yang dipelajari di program studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.  Diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bagaimana mendirikan suatu usaha. Namun kenyataannya setelah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi mempelajari mata kuliah kewirausahaan mereka kurang berminat untuk berbisnis.Penelitian bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berbisnis online. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berbisnis online. (3) Untuk mengetahui pengaruh ekspektasi pendapatan terhadap minat berbisnis online. (4)  Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berbisnis online melalui ekspektasi pendapatan. (5)  Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap ekspektasi pendapatan. Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini adalah deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode  regresi. sampel penelitian ini diambil dari  81 responden   mahasiswa.   Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yaitu berupa butir pernyataan untuk angket Lalu kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi  SPSS 17, yang dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis melalui uji t (parsial). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara ekspektasi pendapatan  terhadap minat berbisnis online. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga  terhadap minat berbisnis online. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan  terhadap minat berbisnis online. (4) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara ekspektasi pendapatan terhadap pengetahuan kewirausahaan. (5) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan pengetahuan kewirausahaan. Kelemahan penelitian ini terletak situasi ekonomi saat penelitian berlangsung. Yaitu saat pandemi covid 19 sedang mewabah sehingga bila diteliti kembali pada saat situasi normal akan didapatkan hasil yang berbeda.

References

Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
As’ad M. 2005. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberti
Alma, Buchari. 2007, Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Azwar, S, 2009. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jakarta : Pustaka Pelajar.
Baharuddin dan Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bygrave, W. D. 2003. The Portable MBA Entrepreneurship. Jakarta: Binarupa Aksara
Cahyono.S.B. 2008. Gaya hidup dan penyakit modern. Yogyakarta:Kanisius
Chapman V.J and D.J Chapman, 2000. Seaweed and Their Uses. Chapman and Hill. London, 333 pp.
Dini Agusmiati. 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Economic Eucation Analisis Juornal edisi ke 7 tahun 2018.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Fuad. Ahmad. 2008. Tips dan Trik Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ginting, M. yuliawan, E. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus pada STMIK Mikroskil Medan). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Volume 5. Nomor 01. April 2015.
Greuning, Hennie Van and Zamir Iqbal. (2008). Risk Analysis for Islamic Banks. The Word Bank, Abbas, Yulianti (Penerjemah). (2011). Analisis Risiko Perbankan Syariah. Jakarta: Salemba Empat.
Hakim, Mustolih. 2010. Langkah Awal Memulai Bisnis Online. Yogyakarta : Media Kom
Hasbullah,. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (edisirevisi). Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
Hendro, 2011. “Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis”. Jakarta : Erlangga
Joyce B. Weil, and Calhoun. 2000. Models Of Teaching. Newyork: A Person Education Company.
Kaplan M., Haenlein Michael 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons 53 (1). p. 61.
Kurniawan, Dedik & java creatinity. 2010. Kupas Tuntas Bisnis & Penghasilan
Online,Jakarta:PT Elex Media Komputindo.
Listyani, Theresia Tyas. 2010. Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, dan Pengaruhnya Terhadap Kepemilikan Saham Institusional (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta), Jurnal Maksi, Vol. 3, Agustus, Hlm. 98-144
Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mankiw, N. Gregory, 2000. Teori Makro Ekonomi. Edisi Keempat. Erlangga. Jakarta.
Mantra, Ida Bagoes. 2007. Demografi Umum. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mappiare, Andi,. 2004. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Rajawali Pers.
McEachern, William. 2000, Ekonomi Makro: Pendekatan Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.
Munib.2004.pengantar ilmu pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.
Nirbito. 2000. “Manajemen Perusahaan Kecil dan Kewirausahaan : Konsep, Prinsip dan Aplikasi”. Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah, Ditjen Dikti, Depdiknas.
Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.
Notoatmodjo, Soekidjo.2003. “Pendidikan dan Perilaku Kesehatan”. Jakarta : Rineka Cipta.
Nursalam. 2008. “Konsep dan penerapan metodologi penelitian ”. Jakarta
Ollie. 2008. Membuat Toko Online dengan Multiply. Jakarta. Media Kita.
Palewa, Dosi Aprilinda. 2013. Motif Penggunaan dan Interaksi Sosial di Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiwa Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Yogyakarta
Pass, Christopher dan Bryan Lowes, 1994. Kamus Lengkap Ekonomi, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Robert. Hisrich D, Michael P Peters dan Dean A Sheperd. 2008.” Kewirausahaan. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Diana Angelica”. Jakarta. Salemba Empat
Safari. 2005. “ Indikator Minat”. Jakarta: Rineka Cipta
Santoso, S. B. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal Of Management, hal. 1 - 13.
Setiawan, Budi. 2015. Peluang Usaha Budidaya Jahe. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjono, 2009. Konsep dasar pendidikan usia dini. Jakarta: PT Indexs
Suhartini. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwiraswasta. Jurnal Akmenika UPY, Vol. 7, 2011.
Sukirno, Sadono. 2000. Makroekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Drafindo Persada
Suprayitno. 2007. Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Sub Dinas Kebersihan dan Tata Kota DPULLAJ Kabupaten Karanganyar). Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia. Volume 2 Nomor 2.
Suryana. 2008.“Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses”. Jakarta: Salemba Empat.
Tampubolon, Manahan. 2004. “Perilaku Keorganisasian”. Jakarta: Ghalia Indonesia
Wicaksono, Yudhi, 2010, Panduan Praktis Buka Usaha dengan Modal Laptop, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Winardi. 2003. “Entrepreneur & Entrepreneurship”. Kencana Prenada Media Group
Winkel,W.S. 2009. “Psikologi Pengajaran”. Yogyakarta: Media Abadi.
Zimmerer W. Thomas Et al. 2008. Entrepreneurship and The New Venture Formation. New Jersey : Prentice Hall.

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Tryazi Putra, F., Ekawarna, E., & Rosmiati, R. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERBISNIS ONLINE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI 2020. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 31–46. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.412

Most read articles by the same author(s)