PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA UNGGUL SAKTI JAMBI

Authors

  • Deviyanti Deviyanti Alumni Program Studi Magister Pendidikan Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Ekawarna Ekawarna Dosen Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Dosen Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.264

Keywords:

media, e-learning, google classroom, ekonomi

Abstract

Perkembangan dunia Teknologi Informasi saat ini sudah berlari sedemikian cepatnya. Banyak alternatif-alternatif baru tercipta di era disruptive ini, dimana siapapun yang tidak bergerak dengan cepat terhadap perubahan teknologi maka dia akan tertinggal. Begitu juga dalam hal teknologi pembelajaran di sekolah-sekolah saat ini, teknik yang digunakan semakin beragam dan tekno oriented yang dikenal dengan istilah E-Learning. Beberapa teknologi pembelajaran yang terkait e-learning juga mulai dikembangkan untuk memaksimalkan pembelajaran yang mengalami keterbatasan waktu dalam penyampaian materi, dan kebosanan dalam belajar di berbagai lembaga pendidikan yang belum terjamah.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI SMA Unggul Sakti Jambi. Ketepatan dalam memilih model pengembangan akan menghasilkan produk yang tepat yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan dengan penggunaan media e-learning berbasis Google Classroom dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Hasil uji coba lapangan memperoleh hasil sebesar 93,33% siswa mencapai nilai ketuntasan belajar minimal (KBM). Terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok besar dengan rata-rata meningkat sebesar 29,84% dari kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Google Classroom (kelas konvesional) sebesar 63 dan kelas yang menggunakan media pembelajaran Google Classroom 81,8 menggunakan skala nilai 100. Media Pembelajaran ini juga dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara virtual (di luar jam efektif sekolah). Tidak hanya dapat digunakan untuk memberikan bahan ajar kepada siswa, media e-learning berbasis Google Classroom juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan diskusi kelas dan penilaian belajar siswa dengan waktu yang lebih efisien.

References

Aditya, Yusuf, Maulana. 2018. Penerapan Google Classroom Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Inggris (e-Home dan Fun Learning). Vol. IV, No. 4.
Ananda, Rusyadi. 2019. The Effect of Learning Strategies and Learning Independence on Learning Outcomes in Learning Evaluation Subject. International Journal on Language Research and Education Studies. Vol 3, No.3.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi.
Branch, Robert Maribe, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York : Springer.
Diemas dan Rina. 2017. Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar di SMK Mahardika Surabaya. Vol. 02, No.01.
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Rineka Cipta.
Iftakhar, Shampa. 2016. Google Classroom What Works and How. International Journal of Education Sciences. Vol. III, No. 1.
Imaduddin, Muhammad. 2018. Membuat Kelas Online Berbasis Android dengan Google Classroom. Yogyakarta : Garudhawaca.
Jetro, Grace, Thomas. 2012. E-Learning and its Effect on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 2, No.1.
Kurnia, Dwitia. 2019. Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbatuan 3D Pageflip. Vol.1, No.01.
Nadziroh, Faridatun. 2017. Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Vol. II, No. 1.
Naidu, Som. 2005. Learning & Teaching With Technology. Taylor & Francis e- Library.
Nana, Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Nurmetayasa, Wayan I. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMK dengan Memanfaatkan Google Classroom (Prosiding,Seminar Nasional V ).Bali : STKIP Suar Bangli.
Nurtanto, Muhammad. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Servis Sepeda Motor Ditinjau dari Kriteria Pendidikan, Tampilan Program dan Kualitas Teknis. Vol.1, No.1.
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Sewang, Anwar, 2017. Keberterimaan Google Classroom Sebagai Alternatif Peningkatan Mutu di IAI DDI Polewali Mandar. Vol. II, No. 1.
Smaldino, Sharon E., et al, 1996. Instructional Technology and Media for Learning 5th Edition. Singapore : Pearson Merrill prentice hall.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Deviyanti, D., Ekawarna, E., & Yantoro, Y. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA UNGGUL SAKTI JAMBI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 303–316. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.264