Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis AR (Augmented Reality) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V di SDN Ciracas 01 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2486Keywords:
Pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar.Abstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya augmented reality (AR), telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa dengan cara yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V dalam mempelajari siklus air. Siklus air dipilih sebagai topik penelitian karena pentingnya pemahaman ini dalam memahami fenomena alam, termasuk ekosistem dan perubahan iklim. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan AR dalam meningkatkan pemahaman konsep siklus air dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Ciracas 01 Jakarta Timur. Penelitian juga bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan AR dibandingkan dengan metode konvensional yang lebih tradisional. Penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan hanya post-test control group design. Dua kelas dipilih secara acak untuk menjadi kelompok kontrol (kelas V-B) dan kelompok eksperimen (kelas V-C). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, serta sesi pembelajaran dengan AR selama tiga sesi pembelajaran. Data yang dikumpulkan meliputi hasil tes akhir dari kedua kelompok untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap siklus air. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan AR dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep siklus air dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 81,03. Di sisi lain, kelompok kontrol menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar yang lebih rendah sebesar 66,68. Analisis statistik menggunakan uji t-test menghasilkan nilai t-hitungan sebesar 6,361, yang secara signifikan lebih tinggi dari nilai t-tabel yang diharapkan sebesar 2,006, menunjukkan bahwa penggunaan AR secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami siklus air.
References
Abdullah, K., Jannah, Mi., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. eka. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://penerbitzaini.com
Acesta, Arrofa, & Nurmaylany. (2008). Pengaruh Pengunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346-352.
Agustin, P., & Permatasari, I. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DIVISI NEW PRODUCT DEVELOPMENT (NPD) PADA PT. MAYORA INDAH Tbk. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2), 174–184. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i2.442
Ahmadiyanto, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajr Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993.
Aini, A. A. D. P. M. P. A. A. N. L. A. (2021). Pengambangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity Beginner. Universitas PGRI Semarang. https://doi.org/10.25681/iaras.2019.978-5-94375-269-8.143-151
Ali, Fakhrudin, & Arief Kuswidyanarko. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771-776.
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran.
Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. In UPT UHAMKA Press. www.uhamkapress.com
Daryanto. (2009). Inovatif, Panduan Proses Pembelaaran Keratif dan Inovatiif. publisher.
Dhiyatmika, I Dewa Gede. Putra, I Ketut Gede Darma. Marini, Ni Made Ika. Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa 54 TK. Lontar Komputer. 6(2) 589-596
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Komarudin, & Sakardi. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Rizqita publishing & printing.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya.
Kumala, F. N. S. S. M. P. (2016). PEMBELAJARAN IPA SD (1).
Kusumawati, Heny. (2017). Kelas 5 Tema 8 Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mahartika, I. I. S. A. D. N. M. yulia; A. a; N. M. H. mas’ud; S. D. C. J. S. N. A. (2023). Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality. Yayasan Kita Menulis. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11600
Mustaqin, I. N. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Priadana, S., & Denok Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Purnamawati, P., SUPRIADI, S., Arfandi, A., Ponta, T., & Mukhlisin. (2021). Panduan Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR). i–22. http://eprints.unm.ac.id/21721/2/Buku%20Panduan%20Penggunaan%20Media.pdf
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Realiabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In Staiapress (Issue April).
Putri, S. R., Wahyuni, S., & Suharso, P. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 108. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6455
Ramdhani, S. P. (2019). Konsep Dasar IPA. Yayasan Yiesa Rich.
Ramli, M. (2012). Media Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3.
Setyawan, Bintoro. Rufii, NFn. Fatirul, Ach. Noor. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 7(1) 78-90
Supriadi, G. (2021). STATISTIK PENELITIAN PENDIDIKAN.
Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Bumi Aksara.
Wina, S. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Nur Aini, Zulfadewina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta :
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS).