Business Intelligence: Peran dan Fungsinya Dalam Membantu Decision Makers Membuat Keputusan

Authors

  • Achmad Fauzi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tamam Zaidan Rizqullah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Aurlia Hayatunisa Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rendy Ramadhan Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Sephia Supriadi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Harfanly Bramley Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v4i2.1216

Keywords:

Business Intelligence (BI), Decision makers

Abstract

Dalam tulisan ini, kami bertujuan untuk memberikan sedikit pemahaman mengenai peran dan fungsi dari Business Intelligence (BI) dalam membantu para decision makers membuat keputusan dari masalah yang ada dalam perusahaannya. Diskusi kami meliputi dampak dari pengaplikasian BI yang dirasa sangat bermanfaat karena perannya dalam membantu perusahaan meningkatkan kemampuan analisis terhadap masalah-masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, BI juga sangat membantu perusahaan dalam upaya mengumpulkan, menyimpan, dan menyediakan data dan akses data untuk nantinya diserahkan kepada para decision makers yang akan membuat keputusan. Adapun saat ini banyak perusahaan yang telah merasakan dampak dari penggunaan BI di mana penjualan mereka bisa meningkat dalam waktu yang relatif singkat dan pengambilan keputusan yang lebih mudah, cepat, akurat, dan efisien.

References

Al-ma'aitah, M. A. (2013, July). The Role of Business Intelligence Tools in Decision Making Process., Vol.73 No.13, 1-8.

Ariani, T. R., Tania.,M.Kom, K. D., & Indah.,S.T.,M.T, D. R. (2017). PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PT. WINSA (STUDI KASUS DI PT. WINSA PALEMBANG).

Eidizadeh, R., Salehzadeh, R., & Esfahani, A. C. (2016, Desember 10). Analysing the role of business intelligence, knowledge sharing and organisational innovation on gaining competitive advantage.

Nazwirman. (2014, November). Tahapan Pelaksanaan Sistem Intelijen Bisnis Dalam Perusahaan. Vol.2 No.1.

Park, Y., El Sawy, O. A., & Fiss, P. C. (2017, September). The Role of Business Intelligence and Communication Technologies in Organizational Agility: Configurational Approach, Vol.18.

Rudiasti, W. (n.d.). Wikipedia, the free encyclopedia. Retrieved May 29, 2022, from https://wahyurudiasti.wordpress.com/data-warehouse-business-intelligence-bi/

Rudiawan, H. (2021, Oktober). PEMANFAATAN SISTEM BISNIS INTELIJEN (BI) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PERUSAHAAN., Vol.23 No.3.

Siswono. (2013, Desember). PERAN BUSINESS INTELLIGENCE DALAM SOLUSI BISNIS, 1-4.

ST.,MT, Imelda. BUSINESS INTELLIGENCE, Vol.11 No.1.

Syafnidawati. (2020, March 30). BUSINESS INTELLIGENCE - UNIVERSITAS RAHARJA. Universitas Raharja. Retrieved May 29, 2022, from https://raharja.ac.id/2020/03/30/business-intelligence/

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Fauzi, A. ., Zaidan Rizqullah, T. ., Hayatunisa, A. ., Ramadhan, R. ., Supriadi, S. ., & Bramley, H. . (2022). Business Intelligence: Peran dan Fungsinya Dalam Membantu Decision Makers Membuat Keputusan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(2), 144–150. https://doi.org/10.31933/jimt.v4i2.1216

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>