Pengaruh Profesionalisme Kerja, Karakteristik Pekerjaan, dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Non Medis pada Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi

Main Article Content

Maksum Maksum
Edward Edward
Sigit Indrawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh profesionalisme kerja, karakteristik pekerjaan, dan budaya kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai non medis pada Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mataher Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai non medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mataher Jambi yang berjumlah 203 orang pegawai non medis, dengan sampel sebanyak 134 pegawai non medis. Penelitian ini menggunakan metode survey dalam pengumpulan datanya. Kemudian dilanjutkan dengan metode statistik untuk menguji hipotesis yaitu dengan regresi linear berganda (multiple regression). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa profesionalisme kerja, karakteristik pekerjaan, dan budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai terhadap kinerja pegawai non medis pada Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mataher Jambi baik secara parsial dan simultan.

Article Details

How to Cite
Maksum, M., Edward Edward, & Sigit Indrawijaya. (2022). Pengaruh Profesionalisme Kerja, Karakteristik Pekerjaan, dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Non Medis pada Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(2), 151-162. https://doi.org/10.31933/jimt.v4i2.1217
Section
Articles

References

Ananda, S.S., dan Sunuharyo, B.S. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan Terhdaap Kinerja Karyawan Dengan Mediator Motivasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 58, No. 1.

Bolung, G.R., Tewal, B., dan Uhing, Y. (2018). Pengaruh Profesionalisme dan Keterampilan Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Fatmah, D. (2017). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kompetensi Karyawan Terahdap Kinerja karyawan pada CV. Percetakan Fajar Mojokerto. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8, No. 2.

Hajati, D.I., Wahyu, D., Wahyuni, N. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Politeknik Kotabaru). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Vol 7, No. 1.

Handayani, E. P., Yulistria, R., & Asymar, H. H. (2018). Pengaruh Profesionalisme Terhadap Prestasi Kerja Dosen Pada Politeknik Lp3i Jakarta. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 106-122.

Jatmiko, A. (2011). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Koperasi Nusantara Kantor Unit Soreang. Tesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Pasundan Bandung.

Kartono. (2018). Pengaruh Profesionalisme dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, Volume 1, Nomor 1.

Khumaira, S.A. (2020). Pengaruh Insentif dan Profesionalisme terhadap Disiplin dan Kinerja Pegawai pada Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, Vol. 31, No. 2.

Kurniawan, A. (2012). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Kurniawan. (2012). Pengaruh Budaya Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan International Federation Red Cross (Ifrc) Banda Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Vol. 1 No. 1.

Mangkunegara, A. A. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, R. L. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 3, Jakarta: Salemba Empat.

Meitasari, R.D., Pongtuluran, Y., dan Maria, S. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman, Vol. 3, No. 1.

Mowday, R. T., Porter, L. W., & Steers, R. M. (2009). Employee-Organization Linkages. Texas: South-Western Cengage Learning.

Nawawi, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan kelima. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ndraha, T. (2012). Teori Budaya Organisasi, Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Osborn dan Plastrik. (2010). Manajemen Sumber Daya Mausia. Yogyakarta: BPFE.

Pradana, G.R. (2012). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (Kareb). Naskah Publikasi Jurnal Program Studi Agribisnis Universitas Brawijaya.

Putra, K (2018) Pengaruh Profesionalisme dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang.

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Edisi 12 Jakarta: Salemba 4.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi keempat, cetakan pertama, Yogyakarta: YKPN.

Susanto, H dan Aisiyah, N. (2010). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Kerja Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Karyawan Di Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen.

Triguno. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Umar, H. (2015). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.

Winarno, B. (2014). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Presindo.