PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, SELF EFFICACY, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Desi Permata Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Yeki Candra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.102

Keywords:

: Pengembangan Karir, Self Efficacy, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengembangan Karir, Self Efficacy, dan Motivasi Kerja terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan adalah analisis regnesi linier berganda. Dengan mengedarkan kuesioner sebanyak 50 responden. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengembangan Karir terhadap kinerja, ada pengaruh yang positif tidak signifikan antara Self Efficacy terhadap kinerja, ada pengaruh yang positif signifikan antara Motivasi Kerja terhadap kinerja. Kemudian berdasarkan uji hipotesis secara simultan (Uji F) dapat diketahui variabel Pengembangan Karir, Self Efficacy, dan Motivasi Kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Berdasarkan uji koefisien Determinasi (Adjusted R Square) nilainya adalah 0,715 atau 71,5%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya presentase kontribusi variabel pengaruh Pengembangan Karir, Self Efficacy, dan Motivasi Kerja terhadap kinerja 71,5% sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

References

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Fahmi, Irham. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Handoko, T. Hani. (2008) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi II. Yogyakarta: BPFEE Yogyakarta.
Luthan (2014 :338) “ Pengaruh Self-Efficacy terhadap In-Role Performance Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderator (studi karyawan Bank Central Asia KCU Borrobudur Malang) “ dalam Jurnal Administrasi Bisni (JAB) Vol.61 No. 4 Agustus 2018. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.
Nawawi, Hadari, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusaia Gajah Mada University Press : Yogyakarta
Pamela, A.O., & Oloko (2015). Effect of motivation on employee performance of commercial banks in kenya : A case study of Kenya Commercial Bank in Migori County. Journal of Human Resource Studies 5 (2)
Puji Hartatik, (2014) “ Pengaaruh Pengembangan Karir dan Displin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia I (PERSERO) Medan “ dalam Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 15, No. 01 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sari, Desi Permata (2018). Pengaruh Locus Of Control, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Nagari Cabang Simpang Empat Pasaman Barat. Jurnal Ekobistek Fakultas Ekonomi
Sebayang, Stevani, Jafar Sembiring. 2017. Pengaruh Self Esteem Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus Di PT. Finnet Indonesia. e- Proceeding of Management. ISSN: 2355-9357. Vol. 4, No. 1, April 2017.
Siagian, P, Sondang. (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Sinambela, (2016) “ Menata Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia Organisasi “ dalam Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol. 17 No. 1 tahun 2017.
Sinambela, (2016) “ Pengaruh Pengembangan Karir, Pengawasan dan Komitmen Pegawai terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Banten” dalam Journal of Management Volume 2 No. 2 STIE Amkop Makasar.
Simamora, (2017) “ Pengaruh Pengembangan Karir, Pengawasan dan Komitmen Pegawai terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Banten” dalam Journal of Management Volume 2 No. 2 STIE Amkop Makasar.
Sugiharjo dan Rustinah (2017). Pengaruh Perencanaan Karir, Pengembangan Karir karyawan, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Jambuluwuk Puncak Resort. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Widodo Soedarso. 2015. Manajemen Sumberdaya Manusia : teori, prencanaan sttrategi, isu-isu utama dan globalisasi. Bandung : Manggu Media

Downloads

Published

2020-02-09

How to Cite

Permata Sari, D., & Candra, Y. (2020). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, SELF EFFICACY, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3), 224–228. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.102