ANALISIS SWOT PADA KOPERASI KARYAWAN PT BUMITAMA GUNAJAYA AGRO

Authors

  • Partini Kusmiarti Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.90

Keywords:

Perusahaan, Koperasi, Mengelola Karyawan dan Terpenuhinya Kebutuhan pokok hari hari karyawan/ dan engagement

Abstract

Tantangan faktor eksternal industri perkebunan kelapa sawit, diantaranya adalah perubahan iklim (kekeringan), harga turun drastis, issue negatif minyak sawit; NGO, dan tidak kalah pentingnya adalah faktor internal perusahaan, utamanya adalah bagaimana mengelola karyawan/tenaga kerja, supaya karyawan mau tinggal bersama didalam perusahaan untuk menjaga kesinambungan bisnis jangka panjang. Karena sampai saat ini perkebunan sawit merupakan bisnis yang padat karya((menggunakan jumlah tenaga kerja yang banyak sebagai kekuatannya, belum tergantikan dengan teknologi).  PT Bumitama Gunajaya Agro, perusahaan swasta yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, telah mendirikan Koperasi Karyawan, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan taraf hidup karyawan pada khususnya dan masyarakat di lokasi perkebunan pada umumnya. Unit usaha dari koperasi salah satunya adalah Unit Pelayanan, yang mengutamakan penyediaan  barang barang kebutuhan bagi  seluruh karyawan  perusahaan. Dimulai dari menyediakan kebutuhan pokok sehari hari (sembako) di lokasi Perkebunan. Perusahaan meyakini jika kebutuhan pokok dapat disediakan oleh Koperasi, cq Unit Pelayanan Sembako, dengan cepat & tepat (harga murah, barangnya mudah didapat, pasokan continue sehingga barang selalu tersedia, kualitas terjamin) dan faktor sarana pendukung domestic terpenuhi secara baik, maka itu dapat mendoromg ketenangan dan kenyamanan karyawan dalam bekerja, harapan akhirnya karyawan betah menjalani kehidupan bersama di perusahaan (engagement).

References

David, F. R. (2009). Strategic management, 12th ed., New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Hendrojogi. 2004. Koperasi: Asas-asas, Teori, dan Praktik. Edisi Keempat Jakarta: Raja Grafindo Persada.
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html
Hutomo: http://andarurahutomo.blogspot.com/2016/07/teori-analisis-swot_21.html/ 9.11.19/11.16 PM
Nazir, M. 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.
Porter, M. E. (1998). On competition, Boston : Harvard Business School Publishing Corporation.
Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Jakarta: PT Gramedia.
Sondang P. Siagian. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Whitney, F. 1960. The Element Of Research. New York :Prentice-Hall, Inc
Yuwono, S., dan Ichsan. (2007). Petunjuk praktis penyusunan Balanced Scorecard, menuju organisasi yang berfokus pada srategi, cetakan kelima, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-01-09

How to Cite

Kusmiarti, P. (2020). ANALISIS SWOT PADA KOPERASI KARYAWAN PT BUMITAMA GUNAJAYA AGRO. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3), 197–206. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.90