PENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA

Authors

  • Faiz Alvin a:1:{s:5:"en_US";s:71:"Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana";}
  • Apollo Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.103

Keywords:

Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan, sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pramata Jakarta – Palmerah. Penelitian Ini termasuk ke dalam jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta –Palmerah, dengan pengumpulan data mengguanakan metode langsung dengan menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak. Teknik pengambilan sempel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software Smart-PLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis data diambil kesimpulan bahwa pertama, terdapat pengaruh signifikan dan positif Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kedua, terdapat pengaruh signifikan dan positif Sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak.

References

Candra, Ricki, Haris Wibisono dan Mujilan 2013. MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol. 1 No. 1, Februari 201.
Daito, A. (2007). Metodologi Penelitian Penyusunan Skripsi. Tesisi/Disertasi., Jakarta.,
Universitas Budi Luhur.
Direktorat Jendral Pajak “e-spt” diakses dari situs www.pajak.go.id pada 20 februari 2015.
Direktorat Jendral Pajak “penyampaian surat pemberitahuan online (e-filling)”
diakses dari situs www.pajak.go.id pada 20 februari 2015.
Direktorat Jendral Pajak. 2012. “Administrasi Perpajakan” diakses dari situs www.reform.depkeu.go.id 13 agustus 2014.
Direktorat Jendral Pajak. 2012. “Mencicipi Modernisasi Perpajakan” diakses dari situs www.pajak.go.id 23 agustus 2014.
Hariwijaya dan Triton. 2011. Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi dan Tesis. Jakarta : Oryza.
Madewing, Irmayanti. 2013. Pengaruh Sistem Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Skripsi. Makasar Universitas Hasanuddin.
Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi.
Muljono, Djoko. 2010. Akuntansi pajak lanjutan. Jakarta: salemba empat.
Nasucha, Chaizi 2004, Reformasi Adminstrasi Publik Teori dan Praktik, PT
GramediaWidiasarana Indonesia, Jakarta.
Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi & Reformasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan UU Terbaru. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rahayu, Sri, Lingga dan Ita Salsallina 2009. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi . Vol.1 No.2 November 2009.

Downloads

Published

2020-02-16

How to Cite

Alvin, F., & Apollo. (2020). PENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA . Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3), 229–237. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.103