ANALISIS ETIKA BISNIS DAN MANAJEMEN KINERJA TERHADAP KEBERLANJUTAN RITEL TRADISIONAL DI BANTEN

Authors

  • yuwan ditra a:1:{s:5:"en_US";s:42:"Universitas Mercubuana, Jakarta, Indonesia";}

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.92

Keywords:

etika bisnis; kinerja manajemen; keberlanjutan bisnis ritel tradisional

Abstract

Bisnis ritel adalah bisnis yang memiliki peluang sukses tinggi di Indonesia terutama di beberapa kota misalnya di kota Serang, Hal ini dinyatakan demikian karena didukung oleh meningkatnya kebutuhan pelanggan dan pergeseran pola perilaku belanja pelanggan. Sampel penelitian ini adalah pengecer tradisional yang telah dipilih melalui metode judgment sampling. Kuisioner digunakan untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang data Primer untuk mengidentifikasi dan menganalisis etika bisnis dan kinerja manajemen, termasuk: pengadaan, modal, dan pemasaran, menuju upaya yang berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan ritel keluarga tradisional. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa etika bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajemen bisnis ritel tradisional. Namun, pengaruh kinerja manajemen ritel terhadap keberlanjutan bisnis ritel tradisional sangat tergantung pada aspek pemasaran sebagai pengaruh yang paling dominan. Memahami aspek manusia dari etika bisnis dan keterampilan manajerial adalah elemen penting dalam mencapai keberlanjutan bisnis ritel tradisional seperti yang ditunjukkan dalam temuan penelitian ini.

References

Ali Hapzi. 2016. Concepts and Theories of Business Ethics. Universitas Mercu Buana.
BPS, (2018). Toko Moderen Menurut Provinsi di akses tanggal 16 Oktober 2019
Bertens, Kees (2000). Pengantar Etika Bisnis, Seri Filsafat Atmajaya: 21, Kanisius, Yogyakarta (2001). Etika, Seri Filsafat Atmajaya: 21, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Bisnis Indonesia (2005). Kontribusi Pasar Tradisional dan Pasar Modern pada Total Penjualan Nasional, 28 Februari
Utami Christina Whidya (2007). Ritel Modern Kambing Hitam Matinya Ritel Tradisional, Tabloid Ritel edisi 01 Juli. Utami Christina Whidya (2007). Ritel Tradisional VS Modern
Winarti Wiwin (2008) Koperasi Indonesia Merintis Bisnis Retail Modern, dalam Pusat Informasi Perkoperasian, 3 Juni.
Yosephus L.Sinuor (2010). Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

ditra, yuwan. (2020). ANALISIS ETIKA BISNIS DAN MANAJEMEN KINERJA TERHADAP KEBERLANJUTAN RITEL TRADISIONAL DI BANTEN. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3), 216–227. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i3.92