Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Elektronik Dengan Menggunakan Aplikasi SIPD Pada Bappeda Kabupaten Mappi

Authors

  • Andarias Ro'son Universitas Terbuka, Indonesia
  • Muhammad Sawir Universitas Yapis Papua, Jayapura, Indonesia
  • Iqbal Miftakhul Mutjahid Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i1.2846

Keywords:

Aplikasi SIPD, Evaluasi Perencanaan Pembangunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi SIPD pada Bappeda Kabupaten Mappi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa aplikasi SPID telah efektif dan memberikan kemudahan dalam menganalisis data karena dalam perencanaan membutuhkan data masa lalu. Selanjutnya terdapat  penghematan waktu, penghematan penggunaan kertas karena input data dilakukan secara online dan real time dan Bappeda tidak perlu merancang aplikasi perencanaan keuangan yang menelan biaya ratusan juta. Aspek Kecukupan, aplikasi SPID telah cukup memuaskan, dimana SPID tekah mengatasi masalah terkait data dan dokumen masa lalu yang dibutuhkan sebagai acuan dalam merancang perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik. SPID telah membantu mencegah duplikasi data, dimana aplikasi akan memberikan notif jika terdapat duplikasi dalam penganggaran, selanjutnya SPID juga membantu sebagai alat pengendalian yang akan menginformasikan situasi dan kondisi daerah untuk sebagai acuan dalam menyusun pembangunan daerah yang searah dengan kebutuhan masyarakat. Aspek perataan, manfaat penggunaan aplikasi SPID ini sangat merata tidak hanya bagi organisasi Bappeda melainkan juga bagi organisasi lainnya seperti penatausahaan dan pengguna aset daerah. Aspek Responsifitas dapat memuaskan kebutuhan Bappeda karena dapat membantu Bappeda dalam melaksanakan tugas, fungsi dan jabatannya untuk melakukan perencanaan pembangunan daerah. Aspek Ketepatan, aplikasi SPID telah bernilai dan berguna karena dapat meningkatkan motivasi Bappeda dalam melakukan perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik, namun belum berdampak positif bagi masyarakat, dimana perencanaan Bappeda belum memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat bila dibandingkan dengan anggaran yang disiapkan.

References

Bovaird, Tony, and Elke Loeffler. Public Management and Governance. Routledge, 2003.

Budi, Muh.Eko Setia. “EVALUASI PENERAPAN KUALITAS APLIKASI SIPD DI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAN DAERAH KABUPATEN JENEPONTO,” 2023. http://eprints.ipdn.ac.id/15121/.

Budiastuti, Dyah. VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN Dengan Analisis Dengan NVIVO, SPSS Dan AMOS. Penerbit Mitra Wacana Media, 2018.

Dunn, William N. Pengantar Analisa Kebijakan Publik. Gadjah Mada Press, 2000.

Fadjarajani, Siti. Metodologi Penelitian, Pendekatan Multidisipliner. Ideas Publishing, 2020.

Fahmi, Jasmansyah, Yusawinur Barella, Eka Fajar Rahmani, Utami Ratna Swari, Ainu Zumrudiana, Yani Sri Mulyani, Balqis Husain, and Beny Hamdani. Metode Penelitian Pendidikan. Zahir Publishing, 2022.

Fiantika, Feny Rita, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, Jonata, et al. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2022.

Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. PT RajaGrafindo Persada, 2020.

Iqbal, Mahathir Muhammad, Sri Handayani, and Dewi Istanti Safitr. “Efektivitas Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah.” Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik 3, no. 2 (2022): 173–185. https://doi.org/10.33474/jisop.v3i2.11192.

Meutia, Intan Fitri. REFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK. AURA, 2017.

Nasution, Abdul Fattah. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative, 2023.

Parinem, and Karningsih. “Analisis Perencanaan Dan Evaluasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah.” Jurnal Media Administrasi 6, no. 2 (2023): 115–119. https://doi.org/10.56444/jma.v6i2.491.

Roehaenah. “EVALUASI RENCANA KERJA PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN INDRAMAYU.” Jurnal Ilmu Administrasi REFORMASI 4, no. 1 (2019): 39–50. https://doi.org/10.33603/.v4i1.2649.

Saputra, Gede Teguh Dedy. “ANALISIS PENYUSUNAN PERENCANAAN DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Evaluasi Perencanaan Penganggaran Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali Sesuai Target Dalam RKPD Dan Renja Tahun 2021).” Jurnal Widya Publika 11, no. 1 (2021): 59–70. https://doi.org/10.47329/widyapublika.v11i1.1026.

Sugiyono. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R & D. Bandung: Alfabeta, CV, 2018.

Suryani, Endah Tri Priyatni, Ani Wilujeng, Rifka Fachrunnisa Zakaria, Achmad Supriyanto, and Imbalan. Pemanfaatan NVivo Dalam Penelitian Kualitatif NVivo Untuk Kajian Pustaka, Analisis Data, Dan Triangulas. LP2M UM, 2020.

Zeber, Alif Dzaki Kholillah. “EVALUASI PEMANFAATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH (SIPD) DALAM SINKRONISASI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAAN PEMBANGUNAN DI KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI,” 2023.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Ro’son, A., Muhammad Sawir, & Iqbal Miftakhul Mutjahid. (2024). Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Elektronik Dengan Menggunakan Aplikasi SIPD Pada Bappeda Kabupaten Mappi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i1.2846