Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Komitmen Organisasi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Unit Ringroad Balikpapan

Authors

  • Athiyyah Athiyyah Universitas Terbuka, Indonesia
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • A. A. Gde Sila Astungkara Universitas Terbuka, Indonesia
  • Rizky Nugraha Universitas Terbuka, Indonesia
  • Emanuel Suhardy Kadim Universitas Terbuka, Indonesia
  • Mitha Virgina Rusady Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2068

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Komitmen Organisasi, SDM

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di BRI Unit Ringroad Balikpapan. Dilakukannya penelitian dengan tujuan menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap komitmen organisasi di BRI Unit Ringroad Balikpapan dimana variabel bebas yaitu Pelayanan (X) mempengaruhi Komitmen Organisasi (Y) variabel tetapnya. Populasinya merupakan Karyawan dan nasabah di BRI Unit Ringroad Balikpapan yang sampelnya berjumlah 60 orang. Datanya didapat dengan pengisian kuesioner dari dan karyawan di BRI Unit Ringroad Balikpapan. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisa melalui analisis regresi sederhana. Dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas yang dilakukan, indikator yang digunakan dalam penelitian ini dianggap valid dan variabel dianggap reliabel. Uji t menunjukkan bahwa variabel independen pelayanan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap variabel tetap kepuasan. Nilai Adjusted R-Squared sebesar 0,95 atau 95% menyatakan variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menjelaskan kepuasan. Sisanya sebesar 5% dilatarbelakangi variabel yang tidak diteliti. Kajian ini merekomendasikan agar BRI Unit Ringroad Balikpapan mengutamakan komponen pelayanan, karena mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan nasabah dan kemajuan BRI Unit Ringroad Balikpapan

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Adminstrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Edy Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Khotler, Philip, & Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Marwansyah. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Pramana, I. G. Y., dan Rastini, N. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 706–733.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Republik Indonesia. (1998). Undang-Undang Nomor 10. Tahun 1998 tentang Perban kan. Jakarta.

Purwanto, Ngalim. 2010. Adminstrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakary.

Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2006. Manjemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Estanda. Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Richard, Gerson. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.

Rukaya, Jamil Thalib, dan Hasmin Tamsah. 2019. “Pengaruh System dan Kualitas SDM terhadap Kualitas Pelayanan melalui Kinerja Pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.” YUME?: Journal of Management 2(2).

Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Siagian, Pasolong. 2014. Filsafat Administrasi. Edisi Revisi, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sianipar, JP. G. 2001. Manajemen Pelayanan Masyarakat. Jakarta: LAN-RI.

Sugiarsih Duki Saputri, Rini. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang.” CoverAge: Journal of Strategic Communication 10(1):46–53. doi: 10.35814/coverage.v10i1.1232.

Sugiyono. 2013. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Jogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfac tion. Yogyakarta: Andi Publisher.

Tysara, L. (2022). Pengertian Efektivitas adalah Unsur Mencapai Tujuan, Ketahui Ukuran nya. https://hot.liputan6.com/read/ 4870774/pengertian-efektivitas-adalah unsur-mencapai-tujuan-ketahui ukurannya. Diakses pada tanggal 27 Januari 2022.

Wicaksono Widya Kristian, 2014, Telaah Kritis Administrasi dan Manajemen Sektor Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Wijaya, Tony. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Toeri dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijaya, A.S dan Putri, Y.M. 2013. Keperawatan Medikal Bedah 2, Keperawatan Dewasa Teori dan Contoh Askep. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yusran, Ahmad, dan Sodik. 2018. “Analisis Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Bni Cabang Utama Kendari.” Jurnal Ilmu Manajemen 4(3):1–11

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Athiyyah, A., Fauzi, A., Astungkara, A. A. G. S., Nugraha, R., Kadim, E. S., & Rusady, M. V. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Komitmen Organisasi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Unit Ringroad Balikpapan. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(4), 776–786. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2068

Most read articles by the same author(s)