LITERATURE REVIEW: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENGANGGARAN PADA PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA

Authors

  • Cris Kuntadi Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Kalis Endah Wahyuni Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi
  • Christine Maisye Mansawan Komnas HAM Republik Indonesia
  • Christine Maisye Mansawan Komnas HAM Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6.1089

Keywords:

Tekanan Eksternal, Komitmen Organisasi, Pemahaman Sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan, Kinerja Penganggaran Pada Pemerintah Daerah

Abstract

Artikel ini menyajikan reviu faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penganggaran pada pemerintah daerah (Y) sebagai variabel dependent terhadap: tekanan eksternal (x1), komitmen organisasi (x2), dan pemahaman sistem dan prosedur pengelolaan keuangan (x3) sebagai variabel independen. Artikel ini memiliki tujuan sebagai hipotesis yang membangun pengaruh antar variabel agar dapat digunakan pada riset selanjutnya. Artikel ini merupakan literature review yang menunjukan bahwa adanya pengaruh variabel tekanan eksternal (X1) terhadap variabel kinerja penganggaran pada pemerintah daerah (Y), adanya pengaruh variabel komitmen organisasi (X2) terhadap variabel kinerja penganggaran pada pemerintah daerah (Y), dan adanya pengaruh variabel pemahaman sistem dan prosedur pengelolaan keuangan (X3) terhadap variabel kinerja penganggaran pada pemerintah daerah (Y).

References

Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

BPKP. (2015). Akuntabilitas dan Good Governance - Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Jakarta.

Lorensius et al., 2021. Kajian Literatur: Implementasi Performance-Based Budgeting Pada Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia. 09(1), 118-131).

Suryanti,Abdul. 2014. The Implementation Of Performance Based Budgeting In Public Sector (Indonesia Case: A Literature Review. Developing and Emerging Economies. 05(2 ), 52-67.

Ulyani, Adi. 2016. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Anggaran Pada Pemerintahan Kabupaten Lebak. Akuntansi dan Bisnis. 02(1),1-6.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Kuntadi, C., Kalis Endah Wahyuni, Christine Maisye Mansawan, & Christine Maisye Mansawan. (2022). LITERATURE REVIEW: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENGANGGARAN PADA PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 561–569. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6.1089

Most read articles by the same author(s)