STRATEGIC MANAGEMENT EFE-IFE MATRIX, SWOT ANALYSIS, COMPETITIVE PROFIL MATRIX (CPM) DAN BCG MATRIX PADA PT YAMAHA

Authors

  • Samrotul Janiah Universitas Mercu Buana Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i2.69

Keywords:

Strategic Management, EFE-IFE Matrix, SWOT Analysis, Competitive Profil Matrix, BCG Matrix

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis Strategic Management yang dilakukan pada PT YAMAHA. Adapun permasalahan yang dianalisis oleh penulis akan difokuskan pada EFE-IFE Matrix, SWOT Analysis, Competitive Profil Matrix (CPM) dan BCG Matrix. Untuk menentukan strategi utama bisnis di industri otomotif PT YAMAHA selalu merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan pembelian konsumen, dapat bersaing dengan pabrikan sepeda motor lainnya dalam hal menjangkau pasar, kualitas hasil produksi, dalam rangka memenuhi kepuasan konsumen. Penulisan ini dilatar belakangi PT YAMAHA adalah sebagai salah satu perusahaan otomotif yang terus berupaya untuk membuat produk berbeda kelas sehingga bisa masuk ke dalam pangsa pasar yang berbeda-beda. Sehingga diperlukannya suatu analisis untuk menentukan strategi utama bisnis yang akurat, yang dapat memusatkan perhatian posisi di bisnis tersebut, mengetahui sasaran atau target yang akan dicapai, bagaimana mencapainya serta tindakan apa yang perlu dilakukan agar dapat memaksimalkan kekuatan dan merebut peluang. Perencanaan bisnis yang baik merupakan alat yang sangat berguna untuk menjalankan bisnis secara efektif dan efisien. Hasil penelitian ini didapatkan peluang yang terbesar, Ancaman yang terkecil, Kekuatan yang tertinggi dan kelemahan yang terendah. Dan kesimpulannya berupa Program yang akan dilaksanakan dari alternatif strategi yang telah ditentukan mengacu pada bauran pemasaran jasa (marketing mix) yang merupakan kombinasi variabel atau kegiatan inti dari salah satu sistem pemasaran dalam pengembangan perusahaan, variabel tersebut dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya sehingga bisa diimplementasikan sebagai strategi untuk meningkatkan pendapatan PT YAMAHA.

References

Adityas,https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/12702/MjcyNjI=/Kajian-terhadap-strength- weakness-opportunities-threats-kontraktor-dalam-industri-jasa-konstruksi-Sub-bidang-bangunan- gedung-dan-perumahan-studi-kasus-pada-kontraktor-golongan-kecil-di-Surakarta-Study-of-strength- weakness-opprtunities-threats-of-abstrak.pdf.
Ahmad Fauzi, Hapzi. https://www.academi.edu/39791655/8 AhmadFauzi Hapzi Ali SWOT Analisis PT Pertamina UMB 2019 (06 Oktober 2019, 20.10)
Bela, 2015. http://belaputraperdana.blogspot.com/2015/05/analisis-swot-perusahaan- kontraktor.html
Sufieariyanti, 2016. http://sufieariyanti.blogspot.com/2016/11/manajemen-strategik-analisis- efe-ife.html (01 Oktober 2019, 22.20)
Langitbiru, 2016. http://siukhtilangitbiru.blogspot.com/2016/01/analisis-manajemen-strategik- pt-yamaha.html
Hany, S dkk. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. Vol. 1, No.5, Hal. 46-53
Rangkuti, Freddy. 2001.Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Janiah, S. (2019). STRATEGIC MANAGEMENT EFE-IFE MATRIX, SWOT ANALYSIS, COMPETITIVE PROFIL MATRIX (CPM) DAN BCG MATRIX PADA PT YAMAHA. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 188–196. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i2.69