STRATEGI PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA CENGKARENG

Authors

  • Muhammad Shobirin Universitas Mercu Buana Jakarta
  • Hapzi Ali Universitas Mercu Buana Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i2.66

Keywords:

Pengembangan infrastruktur, analisis SWOT, alternatif Strategi

Abstract

Pembangunan infrastruktur bandar udara dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat pengguna transportasi udara. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pengembangan infrastruktur Bandara Internasional Soekarno Hatta dalam meningkatkan pelayanan penumpang di bandara berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal bandar udara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode analisis data yaitu analisis SWOT, IFAS, EFAS dan Matrix SWOT. Tehnik pengumpulan data secara kuesioner dalam mengkaji faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan total nilai rata-rata tertimbang 2,885 pada matrix IFAS menunjukkan strategi perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan berada di atas rata-rata dan kondisi internal perusahaan cenderung kuat. Sedangkan nilai faktor eksternal Bandara Internasional Soekarno-Hatta di atas rata-rata 2,5, Bandara Internasional Soekarno-Hatta harus tetap berupaya maksimal untuk memanfaatkan peluang eksternal dan menghindari ancaman yang dapat mempengaruhi perusahaan. Terdapat empat alternatif strategi yang dapat diterapkan Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng yaitu SO, WO, ST, WT sehubungan dengan pengembangan infrastruktur dalam meningkatkan pelayanan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng.

References

Destiani, Dwi Putri. (2014). Analisis Strategi Model Bisnis Kanvas Pada PT Angkasa Pura II untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Masters Thesis. Institut Pertanian Bogor.
Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Pengambilan Keputusan, Teori dan Aplikasi. Bandung : Penerbit Alfabeta
Fatoni, 2015. http://repository.uin-suska.ac.id/6664/4/BAB%20III.pdf, (6 Oktober 2019 jam 08.15)
Liu, dkk. 2009. Strategi Peningkatan Pelayanan Prasarana Transportasi Di Nusa Tenggara Timur. Nisak, Zuhrotun. 2013. http://journal.unisla.ac.id/pdf/12922013/4.pdf. (25 September 2019 jam 22.28)
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rifka dkk, 2010. Strategi Pengembangan Infrastruktur dalam Menunjang Kegiatan Wisata di Kampung Jawa Tondano
Sulistiani, Dwi. 2015. Analisis Swot Sebagai Strategi Perusahaan dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Strategi, Jakarta :Bumi Aksara.
Subekti, Siti (2016). Strategi Pengembangan Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman Ende Dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang
Yuliana, Diana (2015). Strategi Pengembangan Pelayanan Publik di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng.Jurnal Perhubungan Udara.41 (4), 181-200.
https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_SoekarnoHatta
https://id.wikipedia.org/wiki/Infrastruktur_bandar_udara

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Shobirin, M., & Hapzi Ali. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA CENGKARENG. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 155–168. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i2.66