Analisis Bahasa Pemrograman Pada Manajemen Bisnis Self Photo Kuystudio Surabaya

Authors

  • Endang Sholihatin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Azizah Zahra Salsabila Murin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Naila Muthia Sahira Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Anaanta Girindra Wardhani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Kissa Aida Deviona Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Revalina Hafizhah Salsabila Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2517

Keywords:

Bahasa Pemrograman, Manajemen Bisnis, Linktr.ee, Selfphoto Kuystudio, Surabaya, Metode Kualitatif, HTML, CSS, JavaScript, Sistem Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bahasa pemograman yang digunakan pada manajemen bisnis selfphoto KuyStudio Surabaya. (2) untuk mengetahui bahasa pemograman yang digunakan apakah sudah sesuai untuk manajemen bisnis selfphoto KuyStudio Surabaya yang baik dan benar. (3) untuk mengetahui manfaat sistem informasi dalam  manajemen bisnis selfphoto KuyStudio Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Studi ini dilakukan di KuyStudio Photo Surabaya dari Februari hingga Juni 2024.     Kesimpulan penelitian (1) Dalam menjalankan bisnis Selfphoto, Kuy Studio Surabaya menggunakan Linktr.ee. Linktr.ee dapat membantu pengoptimalan dalam sistem manajemen bisnis mereka. Linktr.ee adalah sebuah web yang memiliki bahasa pemrograman dalam pengendaliannya. Dimana bahasa pemrograman yang di gunakan dalam web tersebut berupa HTML untuk struktur dan konten dasar, CSS untuk gaya visual, dan JavaScript untuk lebih banyak interaktivitas dan untuk mengatasi masalah seperti perpindahan antar halaman. (2) Bahasa Pemrograman yang Sesuai untuk Program Manajemen Bisnis Selfphoto Kuy Studio Surabaya Bahasa pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript yang digunakan oleh Linktr.ee Kuy Studio sesuai untuk mengelola bisnis studio foto. Pengoptimalan JavaScript dapat meningkatkan kecepatan perpindahan halaman dan integrasi dengan URL, memberikan pengguna akses informasi yang lebih cepat dan mudah. (3) Manfaat Bahasa Pemrograman untuk Manajemen Bisnis Selfphoto Kuy Studio Surabaya Penggunaan Linktr.ee dalam sistem informasi membantu manajemen bisnis Selfphoto Kuy Studio Surabaya dengan beberapa cara, seperti: mengumpulkan semua tautan penting dalam satu URL, memudahkan promosi di platform digital, memudahkan pembaruan tautan, meningkatkan pengalaman dan interaksi pelanggan, memberikan data kinerja tautan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, dan menyelesaikan masalah. Hasilnya menunjukkan bahwa Kuystudio menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript melalui platform Linktr.ee. Penggunaan Linktr.ee mempermudah pengelolaan tautan dan meningkatkan kehadiran online, meskipun terdapat kendala dalam navigasi halaman yang bisa diperbaiki dengan optimalisasi JavaScript. Manfaat dari penggunaan Linktr.ee mencakup pengelolaan tautan terpusat, kemudahan dalam pembaruan, interaksi yang lebih baik dengan pelanggan, analisis kinerja, penyesuaian tampilan, aksesibilitas, serta integrasi dengan alat lain. Strategi manajemen bisnis yang efektif, seperti pembuatan konten media sosial yang menarik, pemeliharaan kualitas foto, penawaran paket yang kompetitif, dan pemasaran yang efektif, dapat memperkuat posisi Kuystudio di pasar. Dengan penggunaan teknologi yang tepat dan strategi manajemen yang efektif, pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Selfphoto Kuystudio Surabaya dapat ditingkatkan.

References

Amalia. (2020). Tugas Matakuliah Prof Dr Apollo (Daito). KOMPASIANA.

Creswell, Jhon W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mix MethodeApproach. Fourth Edition. SAGE Publication.

Hadi, S., dan Supardi. (2020). Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta.

Hadi, S., Tjahjono, H. K., dan Palupi, M. (2020). Study of Organizational Justice in SMEsand Positive Consequences: Systematic Review. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(03).

Helmalia dan Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam,Vol. 3 No.2.

Lestari, Annio Indah, (2019) Pengantar Manajemen. Medan: UIN SU

Marliyah dan Barus, Dana S, (2020), Startegi Pengembangan Digital Entrepreunership UMKM dengan Menggunakan Model pentahelix, Diss, Medan: UIN SU.

Müller, J Marius. (2018). Business model innovation in small- and medium-sized enterprisesStrategies for industry 4.0 providers and users. Journal of Manufacturing Technology Management, Vol. 30 No. 8, 2019 pp. 1127-1142

Oktafia, R., dan Hidayat, AR. (2018). Penguatan Kapasitas Pelaku Bisnis Mikro Melalui Penataan Pengelolaan Keuangan Usaha: Pandangan Islam. Jurnal Masharif al syariah:Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 3 No. 2

Pedersen, C., Lund dan Ritter, T. (2020). Preparing Your Business for a Post-Pandemic World. Hardvard Business Review.

Prastiyanti, Dinda P., dan Yulianto. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, Volume 2, No. 2, October 201972

Putri, E. (2018). Pelatihan Pengembangan Diri Menjadi Wirausaha Mandiri dalam Efisiensi dan Efektifitas Produksi Karak Herbal di Cinderejo Kidul, Gilingan, Surakarta.

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus: Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, S. P. (1984). Management. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Halla

Rowley, Jenifer. 2009. Conducting research interviews. Management research review, 35 nomor 3/4 (): 260-271.

Sandiasa, G., dan Widnyani, I. A. P. S. (2017). Kebijakan Penguatan Lembaga Pemberdayaan dalam Meningkatkan Partisipasi Pemberdayaan Masyarakat di Perdesaan. Dalam Locus Majalah Ilmiah Fisip, 8

Septina. (2020). Strategi Pemasaran Produk UKM saat Krisis Virus Covid-19. Jurnal Blog.https://www.jurnal.id/blog/7-strategipemasaran-produk-ukm-saat-krisis-virus-covid-19.

Syahbudi, M dan Barus, Dana S (2020), Digital Entrepreunership : Startegi UMKM Sumatera Utara dengan Pendekatan Pentahelix, Jakarta: Rajawali Press.

Xi'an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal of Xi'an University of Architecture & Technology. April 2020.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Sholihatin, E., Salsabila Murin , A. Z., Muthia Sahira , N., Girindra Wardhani , A., Aida Deviona, K., & Hafizhah Salsabila , R. (2024). Analisis Bahasa Pemrograman Pada Manajemen Bisnis Self Photo Kuystudio Surabaya. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 5(6), 583–594. https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2517