Representasi Komunikasi Keluarga dalam Film “Noktah Merah Perkawinan” (Semiotika Roland Barthes)

Authors

  • Srie Rosmilawati Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2306

Keywords:

Film, Representasi, Komunikasi Keluarga, Semiotika Roland Barthes

Abstract

Film adalah salah satu bagian dari media massa yang selalu berkembang hingga saat ini. Film memiliki kemampuan untuk mempengaruhi emosional penonton melalui visual yang ditampilkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana representasi komunikasi keluarga dalam film Noktah Merah Perkawinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika dengan metode Roland Barthes. Analisis Roland Barthes digunakan untuk mengetahui denotasi, konotasi dan mitos dari film Noktah Merah Perkawinan dengan cara mengumpulkan potongan-potongan film. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada film ini memberikan pesan bahwa komunikasi sangatlah penting apalagi dalam keluarga. Terdapat empat pola komunikasi yang ada pada film ini yakni pola komunikasi persamaan, pola komunikasi seimbang terpisah, pola komunikasi tak seimbang terpisah dan pola komunikasi monopoli. Adapun pola komunikasi tak seimbang terpisah lebih banyak ditemui pada film ini. Dimana pola komunikasi ini menjelaskan bahwa satu orang mendominasi dan sering memegang kontrol. Pihak yang mendominasi mengeluarkan pernyataan tegas dan jarang meminta pendapat yang lain kecuali untuk mendapatkan rasa aman bagi egonya sendiri.

References

Fitriana, A. (2019). Analisis Isi Pesan Moral Pada Film Keluarga Cemara.

Mahaputra, M. R., & Saputra, F. (2021). Application Of Business Ethics And Business Law On Economic Democracy That Impacts Business Sustainability. Journal of Law Politic and Humanities, 1(3), 115–125.

Marselli, O., Pusat, S., Perfilman, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2017). Apresiasi Film.

Nasir, C., Abdul Samad, I., Maisal Jannah, T., & Suhana Sharudin, E. (2019). An Analysis Of Moral Values In The Movie “Coco.” Universitas Syiah Kuala.

Nursal, M. F., Rianto, M. R., Rohaeni, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth ( EWOM ) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital (JMPD), 1(3), 111–118.

Saputra, R. (2022). Analysis of the Effect of Attitudes and Good Behavior on Character Building (Literature Review Study). International Journal of Advanced Multidisciplinary, 1(2), 143–152.

Venda, C. (2022). Genre Horor Dominasi Film Terlaris Indonesia 2022. https://hypeabis.id/read/17899/genre-horor-dominasi-film-terlaris-indonesia-2022

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Srie Rosmilawati. (2024). Representasi Komunikasi Keluarga dalam Film “Noktah Merah Perkawinan” (Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 5(6), 624–631. https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2306