Analisa Indeks Kepuasan Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Keputusan Pembelian Indomie Di Causeway Bay Hongkong

Authors

  • Tri Wahyu Purbaningrum Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Hongkong
  • Muhamad AL Faruq Abdullah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Hongkong

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2223

Keywords:

Indomie Causway Bay (hong Kong), Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas produk, Loyalitas Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kepuasan equisitas brand Indomie di daerah Causeway Bay, Hong Kong.Metode yang digunakan adalah survei lapangan dengan analisa deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap 100 responden yang merupakan pengguna aktif produk Indomie di wilayah tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap berbagai aspek brand equity Indomie, termasuk kesadaran merek, asosiasi merek, kualitas produk, dan loyalitas merek. Dari hasil penelitian bahwa empat variabel dari ekuitas merek akan mempunyai implikasi tersendiri bagi pihak Indomie,implikasi ini akan mempunyai nilai yang penting bagi perusahaan sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan perusahaan dalam mengeluarkan produk-produknya,kesadaran merek merupakan variabel yang memiliki indeks rata-rata tertinggi dari keempat variabel ekuitas merek yaitu sebesar 78,47. Penelitian ini memberikan gambaran yang penting tentang kepuasan equisitas brand Indomie di daerah Causeway Bay, Hong Kong. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menjaga kualitas produk dan memperkuat strategi branding Indomie untuk memperkuat brand equity di pasar internasional yang semakin kompetitif.

References

Alfaros Rizki Putra. (2020). Analisis Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavioral Control Terhadap Purchase Intentions (Telaah Pada Produk Mie GaGa), Universitas Multimedia Nusantara

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller, 2016, Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks

Lemy, D. M., Bernarto, I., & Tulung, J. (2013). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Utara. Jurnal Manajemen DEREMA, Vol. 8 No. 2

Nuraeni Intan. (2017). Intan Nuraeni, 2017 Inovasi Produk Choux Pastry Kering SubstitusiTepung Sukun Berbasis Daya Terima. 1–8.

Pane, O. B. M. S., dan Rini, E. S. 2011. ”Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek Kingston Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa AMIK MBP Medan”.Jurnal Ekonom. Vol 14.(No.3), hal 115-126.

Permana (2018). Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pencuci Mulut (Mouthwash). Jurnal Manajemen Volume XXII, No. 02, Juni 2018. Sekaran, U. (2007) ‘Metode Penelitian Bisnis 2 Edisi 4’, Salemba Empat: Jakarta.

Sekaran, Uma., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th Ed). United Kingdom: Wiley.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Top Brand Award (2024). Top Brand Index Mie Instan 2024. Diakses 01-03-2024 World Instan Noodle Assosiation(WINA). Global Demand For Instant Noodles. https://instantnoodles.org/en/noodles/demand/ranking/.com 2024. Diakses pada tanggal 1-03-2024

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Purbaningrum, T. W., & Abdullah, M. A. F. (2024). Analisa Indeks Kepuasan Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Keputusan Pembelian Indomie Di Causeway Bay Hongkong. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 5(6), 607–615. https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2223