PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHAYA ROKOK, MINUMAN KERAS DAN NARKOBA MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 177 KOTA JAMBI

Main Article Content

Trisha Regina Putri
Ilham Ilham
Akhmad Habibi

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan Media pembelajaran Bahaya rokok, Minuman keras dan Narkoba menggunakan video animasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 177 Kota Jambi. Tujuan dari pengembangan ini adalah Menghasilkan media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam belajar secara mandiri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Bella H Banathy yang terdiri dari enam tahapan yaitu :  (1) Menganalisi dan merumuskan tujuan, (2) mengembangkan tes, (3) menganalisis kegiatan belajar, (4) mendesai system instructional, (5) melaksanakan kegiatan dan mengetes hasil, (6) mengadakan perbaikan. Hasil penelitian ini yaitu video pembelajaran bahaya rokok, minuman keras dan narkoba menggunakan video animasi yang didalamnya mencakup gambar, suara, musik serta materi pembelajaran bahaya rokok minuman keras dan narkoba untuk siswa kelas V. video pembelajaran tersebut bisa diakses melalui whatsapp & google drive. Sesuai dengan model pengembangan yang digunakan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan cara observasi terhadap kebutuhan objek, setelah di desain menjadi produk yaitu video pembelajaran selanjutnya di validasi para ahli media maupun materi, guna memperbaiki dan menyempurnakan video. serta melihat respon siswa terhadap video pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan respon di atas 80%  termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.

Article Details

How to Cite
Regina Putri, T., Ilham, I., & Habibi, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHAYA ROKOK, MINUMAN KERAS DAN NARKOBA MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 177 KOTA JAMBI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 939-945. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1185
Section
Articles

References

Asep Suryatna. (2010). Zat Kimia Dalam Rokok. Bandung: Epsilon Grup

Berton Supriadi Simamora. (2019). Aktif Berolahraga. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. PT.Macananjaya Cemerlang.

Chasanah, U., & Nugraheni, R. W. (2021). Gerakan Edukasi Bahaya Rokok & NARKOBA Untuk Mewujudkan Generasi Muda yang Sehat dan Berprestasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ella Yulaelawati. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofi teori dan Aplikasi. Jakarta. Pakar Raya.

Rusman dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha.

Rayandra Asyhar. (2010). Kreatif Mengembangjan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Rendi Putra Firmansyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video Berbasis Aplikasi Multiflatform. Jambi: Universitas Jambi.

Branch Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC. 2009.

Su Rahman. (2020). Buku Pintar Video Editing di Android. Jakarta: PT.Gramedia

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Reserch and Development. Bandung. Alfabeta.

Surat Edaran Walikota Jambi. Nomor:12/HKU/EDR/2021.Tentang Uji Coba Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 Pasa Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Di Kota Jambi. Jambi.

Walter Dick, Lou Carey dan James O. Carey. (2009). The systemic Design of instruction (new york: Allyn & Bacon. Boston: Published by Allyn and Bacon.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter.