PENGEMBANGAN MODUL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATA PELAJARAN IPA BAGI PESERTA DIDIK TUNADAKSA KELAS XII SMALB NEGERI KOTA JAMBI

Authors

  • Rosi Purwanti Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Jambi, Jambi
  • M. Rusdi Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi
  • Akhmad Habibi Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1345

Keywords:

Modul, Game Based Learning, Minecraft: Education Edition, Tunadaksa

Abstract

Generasi Z saat ini umumnya menyukai sesuatu hal yang kreatif, praktis dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk ketika belajar. adapun penerapannya yaitu pembelajaran berbasis game (Game Based Learning). Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Modul Game Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mapel IPA Bagi Peserta Didik Tunadaksa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi. Tahap pengembangan ini  menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation), penelitian yang dilakukan menghasilkan produk Modul Game Based Learning Korosi pada Logam IPA SMALB Kelas XII. Berdasarkan review para ahli tersebut maka didapatkan penilaian akhir modul memenuhi kriteria yaitu sangat baik dengan rata-rata keseluruhan skor dari masing- masing ahli, yaitu 9,57, 9,51, dan 9,02. Modul juga dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada uji lapangan. Pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata keseluruhan skor dari 5 (lima) aspek yang terdapat dalam angket memenuhi kriteria penilaian yaitu sangat praktis dengan nilai 8,9. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan baik, menarik, memenuhi kriteria layak, dan dapat disarankan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas secara tatap muka maupun digunakan secara mandiri oleh pendidik dan peserta didik.

References

Alwi, H. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Birgili, Bengi. 2015. Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environment. Journal of Gifted Education and Creativity, 2 (2), 71-80 December, 2015.
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction,. Fifth Edition. New York: Longman.
Chan, Zenobia C.Y. (2013). A systematic review of creative thinking/creativity in nursing education. Nurse Education Today 33. 2013. 1382–1387
Ersoy, Esen,. & Baser, Nes’e. (2014). The effects of problem-based learning method in higher education on creative thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116. 2014. 3494 – 3498
Haryanti, Yuyun Dwi. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017.
Ismail, N. S., Harun, J., Zakaria, M. A. Z. M., & Salleh, S. M. (2018). The effect of Mobile problem-based learning application DicScience PBL on students’ critical thinking. Thinking Skills and Creativity, 28, 177-195. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.04.002
Maiga, Chang, and dkk. (2009). Learning By Playing., ed. by Springer.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja.
Perry, A., and Karpova, E. (2017). Efficacy of Teaching Creative Thinking Skills: A Comparison of Multiple Creativity Assessments, Thinking Skills and Creativity .http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2015.169.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Runco, M. A. (2014). Creativity (2nd ed.). Boston, MA: Academic Press.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar. Baru Algensido Offset

Sugiyono, M. (2017). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sutrisno, J. (2008). Menggunakan Keterampilan Berpikir untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. [Online]. Tersedia di http: //www.erlangga.co.id/index.php?option.com
Trilling, B. & Fadel. C. (2012). 21st Century Skill: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Wartono, Diantoro, M., Bartlolona, J.R. (2018). Influence Of Problem Based Learning Model On Student Creative Thinking On Elasticity Topics A Material. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 14 (1). 2018. 32-39 DOI: 10.15294/jpfi.v14i1.10654
Wulandari, A.A., dkk. (2015). Faktor Risiko dan Potensi Penularan Tuberkulosis Paru di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Vol. 14 No.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Purwanti, R. ., Rusdi, M. ., & Habibi, A. . (2022). PENGEMBANGAN MODUL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATA PELAJARAN IPA BAGI PESERTA DIDIK TUNADAKSA KELAS XII SMALB NEGERI KOTA JAMBI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 1065–1078. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1345