Strategi Pemimpin dalam Memperkuat Kekompakan Karyawan pada Budiman Swalayan Padang, Air Tawar

Authors

  • Zena Zharifa Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Syamsir Syamsir Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Desi Susanti Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Fany Rahmawati Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Fari Rahma Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Haikal Pratama Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jihhp.v3i3.1645

Keywords:

Kompak, Strategi, Karyawan

Abstract

Organisasi pegawai pada Supermarket Budiman yang muncul ditandai dengan tidak adanya pegawai pada area produk atau rak pada setiap lorong. Karyawan hanya tinggal di satu lorong atau satu area produk, ada juga yang harus berdiri di lorong atau rak produk lain untuk melayani konsumen yang ingin bertanya tentang keberadaan produk dengan merek lain, kualitas produk, atau barang terbaik dari beberapa produk. sama dengan merek yang berbeda. Dalam penelitian kami menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu teknik wawancara dan observasi untuk mencari data dan mengetahui penyebab perselisihan karyawan dan strategi pimpinan. Ketidakpatuhan pegawai timbul karena kurangnya kesadaran akan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Untuk itu dalam memperkuat kekompakan pegawai, pemimpin harus mampu menjalankan strategi dengan menciptakan alur komunikasi yang efektif, serta menjadi pemimpin yang direktif untuk selalu mengarahkan pegawai dalam organisasi agar mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan dalam suatu organisasi.

References

Artikel Insight Talenta, 7 Hal Untuk Membangun Team Work yang Solid
Elan, Umi, & Pamungkas Bayu Aji. (2014). Pengaruh Kekompakan Dalam Teamwork Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mandiri Logistindo Surabaya. Jurnal Fakultas Ekonomi Volume 03, Nomor 01.
Erman. (2017, Juni 30). Kepemimpinan yang membangun tim efektif akan meningkatkan performa organisasi. Sumbar Prov. Retrieved from https://sumbarprov.go.id/home/news10929-kepemimpinan-yang membangun-tim-efektif-akan meningkatkan-performa-organisasi
Iskandar, Dhany. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dan Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal JIBEKA Volume 12, No 1.
Khairiah, Astria dkk. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang), Jurnal: Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang.
Maria, Elvie, & Karimudin, Yos. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pengelola LKM MBT Pada Kawasan Kota Terpadu Mandiri Di KTM Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Propinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Kohesi Vol.2 No. 3.
Msulihah, Eneng. (2016). Pengelolaan, Kohesivitas Dan Keberhasilan Team Work. TARBAWI Volume 2. No.02.
Purnomo, Eko. JR Saragih, Herlina. 2016. Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi. Yayasan Nusantara Bangun Jaya.
Q. Badu, Syamsu. Djafri, Novianty. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing.
Qomaria, Nurul, dkk. (2015). Peranan Kohesivitas Kelompok Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif: studi pada PT. Panca Mitra Multi Perdana Situbondo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.29 No 1.
Sirajuddin. (2018). Analisis Peranan Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Kantor Dinas Catatan Sivil Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. https://diglibadmin.unismuh.ac.id
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.https://simdos.unud.ac.id
Suryani, Ni Kadek, & Yoga, Gede Agus Dian Maha. (2018). Konflik Dan Stres Kerja Dalam Organisasi. Jurnal Widya Manajemen Vol. 1, No 1.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Zharifa, Z. ., Syamsir, S., Susanti, D. ., Rahmawati, F. ., Rahma, F. ., & Pratama, H. . (2023). Strategi Pemimpin dalam Memperkuat Kekompakan Karyawan pada Budiman Swalayan Padang, Air Tawar. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 3(3), 118–125. https://doi.org/10.38035/jihhp.v3i3.1645