PENGARUH USIA KARYAWAN DAN ABSENSI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Kardinah Indrianna Meutia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yusril Alqorrib Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yonathan Langi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yulia Nur Fauziah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Wahyu Apriyanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Zalsya Isma Ramadhani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i6.1110

Keywords:

Usia karyawan, Absensi karyawan, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan penjelasan apakah terdapat dampak usia dan absensi terhadap kinerja karyawan pada PT. Graha Bumi Hijau, Peneliti merasa ada nya pengaruh usia di bawah 30 tahun memilki tingkat kinerja yang masih sangat produktif dalam bekerja tetapi diatas 30 tahun sudah mulai menurun kinerja yang di lakukan di perusahaan. Absensi dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh absensi terhadap kinerja karyawan, absensi sangat penting di perusahaan untuk mengetahui apakah karyawan itu hadir tepat waktu atau tidak hal ini juga yang membentuk peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana karyawan yang mempunyai absensi yang kurang bagus, apakah dalam bekerja kinerjanya baik atau malah sebaliknya kinerjanya jelek. Kedua hal tadi sangat berkaitan erat dengan kinerja karyawan di dalam perusahaan, hal ini yg membuat peneliti semakin tertarik dalam meneliti aspek ini di mana kinerja karyawan satunya bisa pada ukur dengan memakai kedua variabel tadi. Metode penelitian ini di lakukan menggunakan metode kuantitatif, Populasi di penelitian ini merupakan semua karyawan PT. Graha Bumi Hijau yang berjumlah 700 orang karyawan. Sampel yang di pakai sebesar 350 karyawan, diambil 50% dari setiap jumlah karyawan yang sudah di clusterkan menjadi dua cluster memakai teknik sampel random sampling. Teknik analis data menggunakan regresi linear berganda. hasil penelitian disini pertanda bahwa usia dibawah 30 tahun mempunyai taraf kinerja yang cukup baik di bandingkan usia di atas 30 tahun, sedangkan untuk absensi karyawan di bawah usia 30 tahun mempunyai absensi yang kurang baik pada usia di atas 30 tahun memiliki taraf ketepatan absensi yang cukup baik, Usia karyawan ? 30 tahun mempunyai efek yang signifikan sebab memiliki taraf kinerja yang relatif baik dan absensi karyawan menggunakan usia ? 30 tahun memiliki pengaruh karena absensinya jauh lebih baik dibandingkan absensi karyawan usia ? 30 tahun.

References

Anjani, Putu Widya dan Ni Gusti Putu Wirawati. 2018. Pengaruh Usia, Pengalaman Kerja Tingkat Pendidikan, dan Kompleksitas Tugas terhadap Efektivitas Pengguna Sistem Informasi Akuntansi.

Apriliya, Selvia. 2017. “Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja PT. Oasis Water Internasional Cabang Palembang”. Jurnal Sistem dan Manajemen Industri Vol.1 (2), pp: 68-72.

C, Yuniar Syah Putra. 2018. Pengaruh Absensi Finger Print Terhadap Kinerja Melalui Disiplin Kerja. Skripsi. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dailami. 2018. “Pengaruh Promosi Jabatan, Tingkat Absensi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Dan Pariwisata Kota Tanjung Balai”. Jurnal Akrab Juara. Vol.3 (4), pp: 64-73.

Fadilla, Wulan Sari dan Syamsir. 2019. “Pengaruh Umur Dan Status Perkawinan Terhadap Kinerja Perangkat Nagari Dalam Pengelolaan Keuangan Nagari Di Kabupaten Tanah Datar”. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik. Vol.1 (4), pp: 98-109.

Fikriyanto, Fattah. 2019. Pengaruh Tingkat Absensi Dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Krakatau Alam Indah Pemalang. Disusun sebagai salah satu syarat guna memperoleh derajat Strata Satu (S1) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal. Tegal : UPSTEGAL.

Kumowal, Rico C.C, Adolfina dan Yantje Uhing. 2020. “Implementasi Kebijakan Absensi Elektronik Sidik Jari (Finger Print) Terhadap Disiplin dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara”. Jurnal EMBA. Vol.8 (4), pp: 1018-1028.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumberdaya Manusia. Bandung : PT. Rosdakarya Bandung.

Mawaddah, Holifatul. 2019. Pengaruh Tingkat Absensi, Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Panca Mitra Multiperdana Situbondo. Jember : Universitas Jember.

Nugraha, Alfian dan Nuril Hilal. 2020. “Pengaruh Absensi Sidik Jari (Finger Print) dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada CV.Indoraga Persada Jember”. Jurnal Majalah Ilmiah Dian Ilmu. Vol.20 (1), pp: 58-76.

Santoso, Heroe & Yulianto, A. W. 2017. Analisa dan Sistem Perancangan Absensi Siswa Berbasis Web.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, Joko. 2013. Perencanaan Sistem Informasi Absensi Karyawan Menggunakan Kosep Data Mining pada PT. Kalila Indonesia.

Yasin, Muhamad dan Joko Priyono. 2016. Analisis Faktor Usia, Gaji dan Beban Tanggungan Terhadap Produksi Home Industri Sepatu di Sidoarjo (studi kasus di kecamatan krian).

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Indrianna Meutia, K., Yusril Alqorrib, Achmad Fauzi, Yonathan Langi, Yulia Nur Fauziah, Wahyu Apriyanto, & Zalsya Isma Ramadhani. (2022). PENGARUH USIA KARYAWAN DAN ABSENSI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 674–681. https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i6.1110

Most read articles by the same author(s)