PENGARUH BUSINESS INTELLIGENCE TERHADAP PERUSAHAAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN: BUSINESS INTELLIGENCE, ARSITEKTUR BI DAN DATA WAREHOUSE (KAJIAN STUDI BUSINESS INTELLIGENCE)

Authors

  • Husni Fauzi Ramadhan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Chuck Noris Rupelu Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dwi Putri Aprillia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nawang Dwi Anjani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Halimatusadiah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i6.1105

Keywords:

Pengambilan Keputusan, Business Intelligence, Arsitektur BI, Data Warehouse

Abstract

Businesss Intelligence (BI) mendapat banyak perhatian perihal dengan kegunaan dan manfaatnya untuk perusahaan atau organisasi. BI dalam fungsinya banyak melibatkan proses informasi dan data yang berasal dari macam-macam sumber yang telah disimpan dan memprosesnya menjadi sebuah keputusan. Arsitektur intelijen bisnis pula salah satu elemen yang membantu perusahaan mengambil sebuah keputusan yang berkualitas. Dalam sebuah perusahaan, keputusan dibuat pada tingkat atau tingkatan yang berbeda. Data Warehouse salah satu yang membantu sistem business intelligence mengumpulkan dan mengolah data yang telah disimpan menjadi sebuah keputusan yang berkualitas. Data warehouse memiliki definisi yaitu sekumpulan data mengintergrasi yang diekstrasi yang berasal dari basis data operasional, basis data historis, dan basis data eksternal, kemudian dibersihkan, dan melakukan perubahan yang bertujuan pelacakan dan menganalisis guna menyajikan data basi business intelligence untuk pengambilan keputusan dan dikelompokkan. Artikel ini mereview Pengaruh Business Intelligence terhadap perusahaan dalam Pengambilan Keputusan, yaitu: Business Intelligence, Arsitektur BI dan Data Warehouse, suatu studi literatur Business Intelligence. Artikel ini disusun dengan tujuan membuat bahan untuk riset selanjutnya guna membangun hipotesis berpengaruh variabel satu dengan yang lainnya. Artikel ini memiliki hasil literature review ini adalah:  1) Business Intelligence berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan; 2) Arsitektur BI berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan; dan 3) Data Warehouse berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan.

References

Connoly, Thomas, & Begg, C. (2005). Database System. A Practical Approach to Design.
Corbitt, T. (2003). Business Intelligence and Datamining. Management service magazine.
Darudiato, Suparto, Santoso, S. W., & Setiady, W. (2010). KONSEP DAN METODE. BUSINESS INTELLIGENCE.
Djoni, & Darmawikarta. (2003). Mengenal Data Warehouse. Ilmu Komputer.
Efraim, & Turban. (2017). Business Intelligence, Analytics, and Data Science : A Managerial Perspective. New Jersey: Pearson Education.
Horakova, Marketa, & Hana, S. (2003.). Business Intelligence and Implementation. Journal of Systems Integration, Vol. 4 Issue 2, p50-62.
Imelda. (2008). Business Intelligence. Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol 11 Issue 1, 111-112.
Inmon, W. (2005). Building the Data Warehouse, Fourth Edition. New York: John Wiley & Sons,Inc.
Kimball, Ralph and Ross, & Margy. ( 2002). The Data Warehouse Toolkit Second. John Wiley and Sons, Inc.
koppel, bloemhof, collins, ketter, & molensky. (2010). a user, supplier and academic prespective. Business Intelligence GAP.
Ljubljana, Aleš, P., Tomaž, T., & Jurij, J. (2010). CONCEPTUAL MODEL OF BUSINESS VALUE OF BUSINESS INTELLIGENCE SYSTEMS.
Loshin, D. (2003). Business intelligence. The savvy manager’s.
Marakas, & O'Brien. (2010). Management System Information. New York: McGraw Hill.
Moss, L., & Atre, S. (2003). Business intelligence roadmap : The complete project lifecycle for decision-support application. Pearson Education, Inc.
Ponniah, P. (2001). Data warehousing fundamentals : A comprehensive guide for IT professionals. John Wiley & Sons, Inc.
Rekha, M. (2015). Business Intelligence and Analytics. Paving way for operational excellence, Quality and Sustainabillity in Indian Banks.
Turban, E., Aronson, J., Liang, T., & Sharda, R. (2005). Decision support and business intelligence systems. Pearson Education.
Turban, E., Aronson, J., Liang, T., & Sharda, R. (2007). Decision support and business intelligence systems, 8th ed. USA: Pearson Prentice Hall.
Vercellis, C. (2009). Datamining and optimazion for decision making. Business Intelligence.
Williams, N., & Williams, S. (2007). The profit impact of business intelligence. San Francisco: Morgan Kaufmann.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Ramadhan, H. F., Achmad Fauzi, Chuck Noris Rupelu, Dwi Putri Aprillia, Nawang Dwi Anjani, & Halimatusadiah. (2022). PENGARUH BUSINESS INTELLIGENCE TERHADAP PERUSAHAAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN: BUSINESS INTELLIGENCE, ARSITEKTUR BI DAN DATA WAREHOUSE (KAJIAN STUDI BUSINESS INTELLIGENCE). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 639–644. https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i6.1105

Most read articles by the same author(s)