PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD ISLAM MUTIARA AL MADAN KOTA SUNGAI PENUH

Main Article Content

Yoky Sangsurya
Muazza Muazza
Rahman Rahman

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting dalam sebuah organisasi/perusahaan, khususnya dalam sebuah lembaga pendidikan, sehingga menjadi sangat penting agar sumber daya manusia yang ada dapat direncanakan sebaik-baiknya, demi terwujudnya tujuan organisasi/lembaga. Perencanaan sumber daya manusia yang matang akan menentukan lancar atau tidaknya proses operasional organisasi/lembaga. Ada banyak model-model perencanaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien, namun perencanaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien tersebut kadang kurang direalisasikan secara maksimal, hanya sebatas bayangan dan angan-angan saja. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis perencanaan sumber daya manusia dan mencari solusi terhadap permaslahan yang mempengaruhi perencanaan sumber daya manusia di SD Islam Mutiara Al Madani. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif- kualitatif. Dalam teknisnya, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Setelah data-data terkumpul kemudian mengklasifikasikan, mengedit dan menyajikan data sesuai jenis masing- masing data. Sebelum data terkumpul dianalisis terlebih dahulu dan pengecekan keabsahannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan sumber daya manusia dilaksanakan melalui program, kegiatan, langkah-langkah perencanaan, tahapan-tahapan perencanaan, mencakup indikator atau target mutu yang akan dicapai sebagai proses peningkatan mutu pendidikan. Bentuk perencanaan meliputi pengaturan sumber daya yang berisikan tentang pengembangan SDM, pengembangan proses pembelajaran, serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Article Details

How to Cite
Sangsurya, Y., Muazza, M., & Rahman, R. (2021). PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD ISLAM MUTIARA AL MADAN KOTA SUNGAI PENUH. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 766-778. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.644
Section
Articles

References

Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya
Fattah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).
Hanurawan, Fattah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 1995. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Mensukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 2015. Perencanaan SDM untuk Organisasi Profit yang Kompetitif, Yogyakarta:Gadjah Mada University Press
Pendiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta
P. Siagan, Sondang. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.
Ritawati, RA. 2015. "Perencanaan Dan Pengembangan Guru/DosenSebagai Sumber Daya Manusia (SDM)Di Lembaga Pendidikan Formal", Jurnal Istinbath , No.16 Th.XIV (Juni 2015)
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber daya Manusia Untuk Perusahaan, edisi 1, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.
Simamora, Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia,Yogyakarta:STIE YKPN