Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi

Authors

  • Wilhelmus Antonius Djula Universitas Terbuka, Jayapura, Indonesia
  • Ruben Tuhumena Universitas Cendrawasih, Jayapura, Indonesia
  • Liswandi Liswandi President University, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2795

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan belum mencapai target yang diharapkan sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai.Teknik pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Adapun pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan parameter skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan softwere SPSS untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, motivasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja. Uji simultan dilakukan dengan hasil yang menunjukan Kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja.

References

A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2021). Manajamen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja. Pressindo.

Agus, Dharma. (2003). Manajemen Supervisi: Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor. Edis I Revisi. Cetakan kelima. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Bernardin, H. Jhon., Russel, Joyce E. A. (2013). Human Resouces: An Expimetal Approach. Singapore: Mc. Graw – Hill book.co.

Batubara, Hamdan Husein. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa. Publishing.

Dulyadi. (2021). Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Gibson, J. L, Ivancevich, J. M, dan Donnely, H. Jr. (2010). Organisasi dan. Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan. (2021). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Isyandi, B. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Global. Pekanbaru: Unri Press.

Mardiana. 2005. Manajemen Produksi. Jakarta: Penerbit Badan Penerbit IPWI.

Mathis, Robert L dan John H. Jackson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku 1, Alih Bahasa: Jimmy Sadeli dan Bayu. Prawira Hie, Salemba Empat. Jakarta.

Nuraini. (2013). Sumber Daya Manusia. Pekan Baru: Yayasan Aini Syam.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja. Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hazara Cipta Pesona. Jurnal Ilmiah.

Robbins, Stephen. (2006). “Perilaku Organisasi”, Prentice Hall, edisi kesepuluh Sabardini, 2006, “Peningkatan Kinerja Melalui Perilaku Kerja Berdasarkan Kecerdasan Emosional”, Telaah Bisnis, Vol.7, No.1.

Riniwati, Harsuko. (2011). “Mendongkrak Motivasi dan Kinerja: Pendekatan. Pemberdayaan SDM”. UB Press: Malang.

Rivai, Veithzal. (2005). Performance Appraisal; Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Cetakan Pertama. Jakarta: Murai Kencana.

Sedarmayanti. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika.

Simanjuntak, Payaman J. (2003). Produktivitas Kerja Pengertian dan Ruang. Lingkupnya, Prisma: Jakarta.

Siagian, Ade Onny. (2021). Lembaga-Lembaga Keuangan dan Perbankan. Pengertian, Tujuan dan Fungsinya. Jakarta: Insan Cendikia Mandiri.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk. (2012). Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan. Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, Danang. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku. Konsumen, Yogyakarta: Penerbit Center for Academic Publishing Service CAPS.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sunyoto, Danang. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS).

Suwanto. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Bmt El-Raushan Tangerang. Jenius Vol.3. No.2.

Uhing. (2019) “Pengaruh Pengalaman Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Makan di MANADO”, Jurnal EMBA, Vol. 7, No. 1.

Wijaya, C. Ojak Manurung, (2021). Produktivitas Kerja. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Antonius Djula, W., Tuhumena, R., & Liswandi, L. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 5(6), 847–861. https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6.2795