Tantangan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital (Literatur Review)

Authors

  • Dini Fajriyani Universitas Terbuka, Indonesia
  • Achmad Fauzi Universitas Terbuka, Indonesia
  • Made Devi Kurniawati Universitas Terbuka, Indonesia
  • Adam Yudo Prakoso Dewo Universitas Terbuka, Indonesia
  • Arif Fahri Baihaqi Universitas Terbuka, Indonesia
  • Zulkarnain Nasution Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v4i6.1631

Keywords:

Kompetensi, SDM, Digitalisasi, Teknologi Digital

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk membahas tantangan kompetensi SDM dalam menghadapi era digital, strategi organisasi untuk meningkatkan kompetensi SDM di era digital, serta peran pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kompetensi tersebut. Tantangan sumber daya manusia adalah dituntut untuk selalu mengikuti kemajuan teknologi dan mampu menghadapi perubahan dengan cepat, organisasi atau perusahaan harus menyediakan sumber daya manusia yang dapat menganalisis data dan berpikir kritis. Karena semua serba digital sekarang dan menjadi kebutuhan utama bagi organisasi dan perusahaan. Organisasi perlu memberikan pelatihan dan pendidikan yang tepat untuk meningkatkan kompetensi SDM. Organisasi juga perlu memperhatikan perkembangan teknologi dan mengikuti tren yang ada agar mampu bersaing dengan organisasi lain. Strategi yang dapat dilakukan adalah melalui pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkesinambungan dan menyeluruh. Pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan, kompetensi berkualitas, kreativitas, inovasi, dan kemandirian. Dukungan iklim organisasi harus dibangun secara harmonis, kinerja yang baik, transfer pengetahuan, kepemimpinan, dukungan kepada karyawan, efektivitas kelompok, dan strategi kerja.

References

Adiawaty, S (2019). Kompetensi Praktisi Sdm Menghadapi Era Indusri 4.0. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 22 No. 2 / 2019, 115 - 120.
Agustina, T. (2019). Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semen Padang. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 1-11.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Fajriyani, D. ., Fauzi, A. ., Devi Kurniawati, M. ., Yudo Prakoso Dewo, A. ., Fahri Baihaqi, A. ., & Nasution, Z. . (2023). Tantangan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital (Literatur Review). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(6), 1004–1013. https://doi.org/10.38035/jemsi.v4i6.1631

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>