PENGEMBANGAN ALAT LATIHAN MOTORIK KASAR PADA ANAK AUTISME

Main Article Content

Bima Sakti Bagaswara Prabowo
M. Ilham
Atri Widowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan alat Latihan Lari, Lompat, Lempar Motorik Kasar Pada Anak Autisme. Serta dapat melihat peningkatan motorik kasar pada anak autisme, 2) memproduksi alat latihan motorik kasar yang layak di gunakan untuk semua anak autisme. 3) Untuk mengetahui perkembangan tentang olahraga anak autisme serta gerak motorik kasar secara individu pada anak autisme. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini digunakan Langkah-langkah penggunaan Metode Research and Development (R & D). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Mulia Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis data kuantitatif yang di peroleh dari angket uji ahli dan uji lapangan. Data kuantitatif yang berupa angka hasil pengukuran di proses dengan cara dijumlahkan yang diharapkan diperoleh persentase kelayakan. Hasil Penelitian ini dapat dilihat dari validasi ahli materi yang dilakukan oleh Dosen Megister Teknologi Pendidikan pada alat latihan lari dari 6 pertanyaan sebesar 34,38%, kemudian untuk motorik kasar lompat dari 7 pertanyaan sebesar 37,5%, selanjutnya motorik kasar lempar dari 5 pertanyaan sebesar 28,13% dari penilaian ini ahli materi memberikan saran alat yang di produksi ini baik digunakan anak autisme. Kemudian penilaian ahli media dari 13 pertanyaan yang di ajukan melali kuisioner ahle media memberikan nilai sebesar 71 dengan memberikan saran Alat Latihan Lari, Lompat, dan Lempar Motorik Kasar pada Anak Autis SLB yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan dilapangan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa menurut ahli materi dan ahli media bahwa pengembangan alat latihan lari, lompat, lempar motorik kasar pada anak autisme sudah “layak” di produksi dan digunakan oleh anak autisme.

Article Details

How to Cite
Sakti Bagaswara Prabowo, B., Ilham, M., & Widowati, A. (2021). PENGEMBANGAN ALAT LATIHAN MOTORIK KASAR PADA ANAK AUTISME. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 791-800. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.650
Section
Articles

References

Abata, Q.A.(2014). Ilmu Penyakit Dalam. Madiun: Al-Furqon
Astati, 2001, Pendidikan Anak Autis (Makalah) dalam Seminar Pendidikan Anak Autis, Jurusan PLB FIP UPI).
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Referensi.
Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.
Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (Kartini Kartono, Trans.). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Cohen, S. B. and Bolton, P. (1994). Autism: the Facts. Oxford University Press.
Daeng Sari dan Dini P. (1996). Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: CV Gava Media.
Daniel P. Hallahan, James M. Kauffman & Paige C. Pullen. (2009). Exceptional Learner An Introduction to Special Education. United States of America: PEARSON.
Desmita.(2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
http://www.ejurnal.stikeseub.ac.id/index.php/jkeb/article/view/331 (diakses 23 januari 2021).(20.49)
Handojo, Y, DR, Dr, MPH. 2003. Autisme. Jakarta. PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia. (diakses 23 november 2020).(20.49)
Hames, Penney. (2005). Menghadapi Dan Mengatasi Anak Yang Suka Ngamuk. Jakaerta: Pt Gramedia
Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. PT Luxima Metro Media.