Pengaruh Media Ular Tangga Digital Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN Rambutan 02 Pagi Jakarta Timur

Authors

  • Atsylah Yusfika Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Rahmiati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2569

Keywords:

Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Media Ular Tangga Digital

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Pada faktanya, hasil belajar IPA di sekolah dasar masih tergolong rendah. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini membuktikan pengaruh media ular tangga digital terhadap hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas 5 SDN Rambutan 02 Jakarta Timur yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian ini pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data posttest, kelas eksperimen yang menggunakan media ular tangga digital memperoleh skor rata-rata 81,90, sementara kelas kontrol tanpa perlakuan mendapatkan skor rata-rata 62,9. Uji-t menunjukkan bahwa H0 ditolak karena signifikansi kedua kelas < 0,05, yang mengindikasikan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media ular tangga digital terhadap hasil belajar IPA siswa.

References

Adillah Herni, Andella Umami, Regina Khairinnisa, Iskar Prayoga, W. W. (2019). Kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 4(2), 93–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Al, C. et. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. ?3(1), ?.30. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Alief, R. (2022, September). Pengertian Uji Validitas dan Reliabilitas + Rumusnya (Terlengkap). Rakhman.Net. https://rakhman.net/ilmu-pengetahuan/uji-validitas-dan-reliabilitas/

Bana, M., Bahtiar, R. S., & Nuryasana, E. (2023). Media Dongeng Berbasis Audio Visual Dalam Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7515–7524. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2438

Choirunnisa, N. L., & Febriani, R. D. (2022). Permainan Ular Tangga Berbasis Digital Untuk Optimalisasi Latihan Soal-Soal Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 109–115. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p109-115

Dewi, P., Suryaning Ati, A. F., & Kharisma, A. I. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1953–1964. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5419

Dwi Arini, N. K. A., Murda, I. N., & Tri Agustiana, I. G. A. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(1), 20. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24472

Erwin, R. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasa. BASICEDU, Volume 5 N(3), 3660–3667. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376

Exposto, A. P. P. (2022). Development of Interactive Learning Media Using Adobe Flash Professional. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 510. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65781

Fajar, Rahmayanti Hasri, H. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Sidrap. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 264–276. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/26047

Febrianto, A., & Saputra, N. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo (VideoScribe Training as Innovative Learning Media for Teachers of SDN Malangrejo). Community Empowerment, 6(1), 24–28. https://doi.org/10.31603/ce.3855

Ghufron dan Risnawita. (2019). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS V KECAMATAN MANGGIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Kholidah, Hidayat, Jamaludin, Leksono, U. S. A. T. 2023. K. E. D. P. I. U. M. N. K. L. D. K. S. S. C. C. M. S. B. J. I. P. D., & ISSN. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). 43(4), 342–346.

Nastiti, S. H., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 48–57. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.122

Nurfaega. (2021). Pengaruh Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar. 5, 17–23.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rajab, T. A., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Ular Tangga Berbasis Digital Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas V SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1531. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2612

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Sari, I. F. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS V MIN 03 KEPAHIANG [INSTITUT AGAM ISLAM NEGERI (IAIN) GRUP]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/5576/1/fulltext.pdf

Septiasari, E. A., & Sumaryanti, S. (2022). Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpok.v3i1.18003

Sugiono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Cetakan Ke). Alfabeta.

Sugiono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Cetakan ke). Alfabeta.

Sugiono. (2019c). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Cetakan ke). Alfabeta.

Sugiono. (2019d). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Rnd (Sutopo (ed.); Cetakan ke). Alfabeta.

Supardi. (2019a). Statistik Penelitian Pendidikan Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan (Cetakan Ke). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Supardi. (2019b). Statistik Penelitian Pendidkan Perhitungan, Penyajian, Penjekasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan (Edisi Kedu). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Yudiyanto, M., Arifillah, M. J., & Ramdani, P. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Murabbi, 1(1), 1–13. http://junal.staisabili.net/index.php/murabbi/index

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Putri, A. Y., & Rahmiati. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga Digital Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN Rambutan 02 Pagi Jakarta Timur. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(5), 2078–2090. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2569