Pengaruh Sumber Daya Manusia, Pengeluaran, Operasional dan Investasi Terhadap Mutu Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Hasanuddin Hasanuddin Universitas Islam Negeri, Jambi, Indonesia
  • As’ad Isma Universitas Islam Negeri, Jambi, Indonesia
  • Jamrizal Jamrizal Universitas Islam Negeri, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1586

Keywords:

SDM, Pengeluaran, Operasional, Investasi, Kualitas

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pengaruh sumber daya manusia, pengeluaran, operasional, dan investasi terhadap kualitas pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah (Library Research) hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia, belanja, operasi, dan investasi dapat berinteraksi dan saling mempengaruhi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Oleh karena itu lembaga pendidikan Islam perlu terus meningkatkan unsur-unsur tersebut agar lembaga pendidikan Islam dapat mengikuti perkembangan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan Islam.

References

Abdul Mukti Bisri, Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No.1.
Anwar Prabu Mangkunegara, Evaluasi Kinerja SDM, (Bandung: Refika Aditama, 2012).
Catur Martian Fajar dan Dwinta Mulyanti, Meningkatkan Taraf Perekonomian dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan, Jurnal Abdimas Bsi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, No.1.
Citra Ayu Basica Effendy Lubis, Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan Pekerja Dan Pengeluaran Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Jurnal Economia, Vol. 10, No. 2.
Fardinal dkk, Mutu Pendidikan Islam: Jenis Kesisteman, Konstruksi Kesisteman, Dan Berfikir Kesisteman, JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Informasi, Vol. 3, No. 4.
Kadarisman, Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Kencana, 2009).
Malayu S. P Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002).
Muhammad Imad dan Hamdan Herdiawan, Peran Biaya Operasional Pendidikan Terhadap Output Pendidikan, Manazhim : Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No.2.
Mukhlisson Effendi dan Sulistyorini, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam, Outheast Asian Journal of Islamic Education Management, Vol. 2. No.1.
Priyono Budi Santoso, dkk. Review Literatur: Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Pendidikkan Dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Journal Of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), Vol. 1, No.2.
Rita Pusvitasari dan Mukhamad Sukur, Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan (Studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo), Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No.1.
Soekidjo Notoadmodjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Solehan, Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam, Edumaspul - Jurnal Pendidikan. Vol. 6. No. 1.
www.id.wikipedia.org, diunduh pada 23 April 2023.

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Hasanuddin, H., Isma, A. ., & Jamrizal, J. (2023). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Pengeluaran, Operasional dan Investasi Terhadap Mutu Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Islam. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 4(2), 616–624. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1586