EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUKAN GAME WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ATLETIK

Authors

  • Dwi Yuliastuti Puspitasari Universitas Jambi, Jambi
  • Haryanto Haryanto Universitas Jambi, Jambi
  • Sofyan Sofyan Universitas Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1348

Keywords:

Pembelajaran Simulasi Game Wordwall, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mengintegrasikan ketrampilan literasi, pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta keahlian dengan teknologi. Pembelajaran pada abad 21 mengharuskan seorang guru memiliki kreativitas dan kecakapan dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis IT. Dalam menghadapi siswa sekarang (digital native), media pembelajaran konvensional akan sangat menjenuhkan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi atletik dengan penggunaan media pembelajaran simulasi berbantukan game wordwall. Sampel yang diambil penelitian ini berjumlah 6 orang siswa dan 1 orang guru dengan menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix yaitu metode kuantitatif atau kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya Penggunaan Media Pebelajaran Simulasi Game Wordwall, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pada post-test yaitu diperoleh persentase siswa tuntas sebesar 100% dan persentase siswa tidak tuntas sebesar 0%. kemudian peneliti mendapatkan hasil pengisian lembar kuesioner siswa dimana kategori SS berjumlah 46, kategori S berjumlah 52, kategori TS berjumlah 13, dan kategori STS berjumlah 9. Kemudian nilai tersebut dapat dipersentasekan menjadi kategori ST sebesar 38,33%, S sebesar 43,33%, TS sebesar 10,83%, dan STS sebesar 7,50%. Berdasarkan hasil uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas pembelajaran simulasi berbantukan game wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi atletik di SD Negeri 183/II Sumber Mulya.

References

Almuazam, B. G. (2017). Keefektivan Penggunaan Media Video Pembelajaran “Rifan Anak Merdeka” Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas Vi Mi Diponegoro 03 Karangklesem (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Abdullah, A. (2007). Kurikulum Pendidikan di Indonesia Sepanjang Sejarah. In Pendidikan dan Kebudayaan (p. 343).
Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. In Unissula press (p. 202).
Atmoko, T. (2017). Efektivitas Proses Pembelajaran Matematika dan Hasil Belajar. BAB 2 Kajian Teori, 1, 16–72.
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Dewi K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.
Febrianti, R., & Artikel, I. (2013). Pengembangan Materi Atletik Melalui Permainan Atletik Three in One Untuk Siswa Sd Kelas V. Pengembangan Materi Atletik Melalui Permainan Atletik Three in One Untuk Siswa Sd Kelas V, 2(1). https://doi.org/10.15294/jpes.v2i1.1272
Fendika Prasetiyo. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Koopera Jigsaw pada Materi Pecahan di Kelas V Sepanjang 2. CV. Kekata Group.
Hamzah, S. H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik. Dinamika Ilmu, 12(1), 1–22.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. CV. Sarnu Untung.
Jonathan Sarwono. (2011). Mixed Methods, Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. PT Elex Media Komputindo.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64-70.
Mulyasa. (2018). Implementasi Kurikulum 13 Revisi (B. S. Fatmawati (ed.)). PT. Bumi Aksara.
Munirah. (2015). Education System in Indonesia: between desire and reality. Auladuna, 2(2), 233–245.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Muhtar, T., & Irawati, R. (2009). Atletik. UPI sumedang press.
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Nurhidayah. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Jurnal Prodi PGSD UAD, 1(12), 507–517.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Paiman. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pakpahan, andrew F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simamarta, J., Mansyur, M. Z., Purba, L. I. B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (A. Karim & S. Purba (eds.)). Yayasan Kita Menulis.
Sahlan, A., & Angga Teguh Prasetyo. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter (Rina Tyas Sari (ed.)). Ar- Ruzz Media.
Sinar. (2018). Metode Active Learning, Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar. Deepublish.
Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.
Sukendro, & Ely Yuliawan. (2019). Dasar- dasar Atletik. Salim Media Indonesia.
Ulum, F. (2019). Efektivitas penggunaan media word wall (jidaru al kalmah) dalam penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas x sma negeri 1 pangkep. 3.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. GP Press Group.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. In Jakarta.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Yuliastuti Puspitasari, D. ., Haryanto, H. ., & Sofyan, S. . (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUKAN GAME WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ATLETIK. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 1103–1109. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1348

Most read articles by the same author(s)