PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU

Authors

  • Mhd. Daud Program Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Sry Rosita Program Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Agus Solikhin Program Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.647

Keywords:

Budaya Organisasi, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, dan Kinerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan karakteristik individu terhadap motivasi kerja dan kinerja pegawai, serta untuk menganalisis motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir Riau dengan jumlah 56 orang. Dimana teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh (Sampling Sensus), sehingga jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 56 responden. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Namun sebelum analisis, terlebih dahulu dilakukan uji outer model melalui uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya melakukan uji Inner Model melalui uji R-Square (Coefficient of determination), dan F-Square (f2 effect size). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi dan karakteristik individu memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi kerja. Hal ini menjelaskan bahwasanya jika Dinas Pendidikan Indragiri Hilir Riau memiliki budaya yang kuat, serta didukung dengan adanya karakteristik individu yang baik, maka hal ini akan meningkatkan motivasi pegawai dalam bekerja. Jika pegawai telah memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja, maka hal ini secara tidak langsung akan memberikan dampak pada hasil hasil kerja pegawai yang optimal.

References

Aktarina, D. (2015). Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Anggota Polri di Polresta Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomi, Vol. 12, No. 3.
Ananda, S.S., dan Sunuharyo, B.S. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan Terhdaap Kinerja Karyawan Dengan Mediator Motivasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 58, No. 1.
Ghozali, Imam., (2015). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program PLS 3, Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gomes, F. C. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hair, J.F., Tomas, G.M.H., Ringle, Christian M., dan Marko Sarstedt (2017). A Primer Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Los Angeles: SAGE Publication.Ltd.
Hajati, D.I., Wahyu, D., dan Wahyuni, N. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Politeknik Kotabaru). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Vol 7, No. 1.
Handoko, T.H. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE: Yogyakarta
Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: edisi Revisi, Penerbit : Bumi Aksara.
Ivancevich. (2009). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Kusdi. (2011). Budaya Organisasi, Jakarta: Salemba Empat.
Mahmudi. (2012). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Maith, Vacho. (2015). Analisa Pendidikan, Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Gerbang Nusa Mando. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5): 667-776.
Mangkunegara, A. P. (2014). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. edisi pertama, cetakan pertama. Bandung: Refika Aditama.
Mathis, R. L. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 3, Jakarta: Salemba Empat.
Purwanto, M. N. (2014). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Rivai, V. (2011). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Revika Aditama.
Rizky, Achmad., Marnis., dan Marzolina. (2014). Pengaruh Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Mestika Cabang Tuanku Tambusai Pekanbaru. JOM FEKON, 1(2): 1-11.
Robbins, Stephen P. (2012). Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.
Sedarmayanti. (2015). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Siagian, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, A.B., Gede Prama, Dkk. (2009). Strategi Organisasi, Yogyakarta: Amara Books.
Thoha, M. (2012). Perilaku organisasi konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tika, Moh. Pabundu. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo. (2015). Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajawali Pers,

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Daud, M. ., Rosita, S. ., & Solikhin, A. . (2021). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 815–829. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.647