Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pariwisata pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan

Authors

  • Yuda Hose Pranando Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Annisa Fitri Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jihhp.v3i3.1546

Keywords:

Strategi, Pengembangan Pariwisata, Wisatawan

Abstract

Abstract: This study aims to describe the strategy of the South Coastal District Government in increasing local revenue from the tourism sector. This research uses a qualitative approach, using institutional analysis units. The results of the study show that in this case the Pesisir Selatan Regency Government in the development stage has succeeded in optimizing the development of Carocok beach tourism, by developing strategies with related agencies, development strategies in terms of improving the quality of facilities and infrastructure, supporting facilities, human resources, and programs offered to attract tourists to visit Carocok beach tourism. Alternative strategies for developing beach tourism at Cerocok Painan Beach consist of three priorities, namely: first, optimal utilization of natural and environmental resource potential, development of tourist activities and attractions, and improving the quality of area accessibility supported by road facilities and infrastructure that integrate the three tourist areas in one area, this is an attraction for tourists, to visit Carocok Beach tourism.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan unit analisis kelembagaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam tahap pengembangan telah berhasil mengoptimalkan pengembangan wisata pantai Carocok, dengan menyusun strategi bersama dinas terkait, strategi pengembangan dalam hal peningkatan kualitas sarana dan prasarana, fasilitas pendukung, sumber daya manusia, dan program yang ditawarkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke wisata pantai Carocok. Alternatif strategi pengembangan wisata pantai di Pantai Cerocok Painan terdiri dari tiga prioritas yaitu: pertama, pemanfaatan potensi sumber daya alam dan lingkungan secara optimal, pengembangan kegiatan dan atraksi wisata, dan peningkatan kualitas aksesibilitas kawasan yang didukung oleh sarana dan prasarana jalan yang terintegrasi. ketiga kawasan wisata dalam satu kawasan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi wisata Pantai Carocok.

References

Aulia Zulfokri. 2006.“Strategi Pemerintah Kota Bukit Tinggi dalam meningkatkan asli daerah dari sektor Wisata, Skripsi, Ilmu Politik FISIP UNAND.
Tarmizi Ismail. 2002. “Strategi Kabupaten Solok Dalam Rangka Kembali Ke Pemerintahan Nagari Menuju Otonomi Desa Yang Demokratis”, Thesis Program Pasca Sarjana, Program Studi Magister Administrasi Publik UGM, Yogyakarta.
Lora Devina Wati. 2011. “Strategi Optimalisasi Aset Daerah Di Sektor Pariwisata Kabupaten Kerinci dalam meningkatkan Pendapatan Daerah”, Skripsi, Ilmu Politik FISIP UNAND.
http://RPJMN-2010-2014,html pdf judul : backgroud study dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2010-2014 Bidang Pariwisata.
http://eprints.uns.ac.id/3078/1/64971606200905461.pdf
http://www.pesisirselatankab.go.id/files/2909141623_bappeda-kab.pessel.pdf,
http://sumbar.antaranews.com/berita/135395/pesisir-selatan-dapat-dana-pengembangan-wisata-pantai.
http://www.antarasumbar.com/berita/160757/capaian-pad-pariwisata-hingga- september-rp15-miliar.
http://www.pengertianahli.com/2013/12/pengertian-strategi-menurut-para-ahli. referensi yang dikutip dari buku Umar, Husein. 2001. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
http://konsepblackbook.blogspot.com/2013/04/konsep-dasar-pariwisata.
https://rokhmindahuri.wordpress.com/2009/02/02/strategi-pengembangan-pariwisata-bahari/
http://www.pesisirselatankab.go.id/profil/5/geografis-dan-topografis.html,
http://datin.menlh.go.id/assets/berkas/SLHD_2010/Pesel-buku-SLHD-Laporan.pdf
https://yzent.wordpress.com/2010/01/15/kebudayaan-dan-pariwisata-pesisir-selatan-sumatra barat/
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62809
http://www.antarasumbar.com/berita/61458/pemkab-pembangunan-pariwisata- diprioritaskan-pada-sarana-penunjang.
http://www.news.padek.co/detail/a/3809
http://hariansinggalang.co.id/wisatawan-ke-pessel-meningkat-pantai-carocok-terfavorit/
http://jejakwisata.com/tourism-studies/planning-and-development/120-peran-strategis-daerah-transit-dalam-industri-pariwisata.
http://www.news.padek.co/detail/a/3809
www.antaranews.com

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Hose Pranando, Y. ., & Fitri, A. . (2023). Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pariwisata pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 3(3), 93–101. https://doi.org/10.38035/jihhp.v3i3.1546