PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PERSONEL DI KESATUAN DISDIKAL

Main Article Content

Rini Ariyani
Suharto Suharto
Yuliantini Yuliantini

Abstract

Keberhasilan sebuah institusi dapat dilihat berjalan dengan baik dan terorganisir sesuai dengan perencanaan yang telah diprogramkan tanpa hambatan suatu apapun. Apabila institusi tersebut dapat mengelola staff atau anggota dengan baik, maka besar kemungkinan tujuan dari institusi yang telah dilaksanakan dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh maksimal antara Kepemimpinan, Kompensasi dan Disiplin terhadap Kinerja. Varian  pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu mengkalkulasikan antara tiga variabel bebas dan satu variable terikat. Responden yang ada berjumlah 99 personel sedangkan yang memenuhi standar random sampling sebanyak 70 staff yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS. Pada variabel bebas yang didistribusikan pada penelitian ini adalah Kepemimpinan (X1), Kompensasi (X2) dan Disiplin (X3) dengan variable terikat Kinerja (Y). Tata cara penghitungan pada analisis data yang digunakan dalam  penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Capaian yang didapat pada penelitian memberikan informasi bahwa dengan adanya Kepemimpinan, Kompensasi dan Disiplin yang dilakukan secara simultan maka akan berpengaruh secara mutlak terhadap kinerja staff Disdikal.  Kepemimpinan secara parsial tidak akan berpengaruh secara signifikan dengan kinerja Staff, kompensasi  secara parsial akan berpengaruh dengan kuat terhadap kinerja staff, disiplin secara terpisah akan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja anggota. Untuk itu kepemimpinan akan memberikan dampak pengaruh yang kuat  terhadap kinerja anak buah atau bawahan. Oleh sebab itu, TNI AL harus dapat memperjuangkan hak-hak yang seharusnya di dapat dari seorang pemimpin agar mereka lebih termotivasi serta dapat memberikan kontribusi yang cemerlang dalam bergiat.

Article Details

How to Cite
Ariyani, R., Suharto, S., & Yuliantini, Y. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PERSONEL DI KESATUAN DISDIKAL. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 509-518. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.591
Section
Articles

References

Arif Yusuf Hamali. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Buku Seru.
H. Malayu S.P Hasibuan. (2008). Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hari Sulaksosno. (2015). Budaya Organisasi dan Kinerja. Yogyakarta: Budi Utama.
Kadarsiman. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Wirawan. (2014). Kepemimpinan. Depok: Rajagrafindo.
Kualitas SDM Bank Syariahpada Bank KCP Lamongan. Republik IndonesiaKementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.