Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Akademik Kepala Madrasah di MTS Asuhan Medan

Authors

  • Tengku Lailan Khairuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Sumatera Utara, Indonesia
  • Makmur Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2464

Keywords:

supervisi akademik, kepala madrasah, persepsi guru, pengembangan profesional, pendidikan Islam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pengajar terhadap kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah di MTS ASUHAN MEDAN. Wawancara mendalam dilakukan dengan lima belas instruktur yang mencakup berbagai disiplin ilmu dan tingkat pengalaman mengajar sebagai bagian dari proyek penelitian kualitatif ini. Perspektif guru terhadap supervisi akademik diperiksa untuk mengetahui tema dan pola utama dengan menggunakan analisis isi data. Temuan studi ini menunjukkan bahwa para pengajar biasanya memiliki pandangan yang berbeda mengenai tanggung jawab kepala madrasah dalam hal supervisi akademik. Mayoritas pengajar menyukai partisipasi aktif kepala sekolah dalam proses pengawasan, khususnya kemampuan mereka dalam memberikan kritik yang bermanfaat dan memberi semangat. Meskipun demikian, beberapa pendidik merasa khawatir terhadap ketidakberpihakan dan keteraturan prosedur pengawasan. Selain itu, metodologi pembelajaran dan tujuan pengajaran yang efektif diperkirakan tercipta melalui kolaborasi para pemimpin dan instruktur di sekolah.Studi ini menawarkan informasi mendalam tentang bagaimana prosedur supervisi akademik dapat mempengaruhi opini guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan profesional mereka. Dampak praktis dari temuan ini dapat membantu pembuat kebijakan pendidikan dan kepala madrasah dalam meningkatkan efisiensi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pengajaran di madrasah.

References

Achjar Chalil dan Hudayana Latuconsina, 2008, Pembelajaran Berbasis Fitrah, Jakarta: Balai Pustaka.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130-149.

Aseltine, J.M dan Faryniarz J.O. 2011. SupervisionforLearning: A performanceBasedApproachtoTeacher Development andSchoolImprovement. Alexandria. ASCD.

Daresh, John C. 2001. Supervision as proactiveleadership. 3rd ed. ProspectHeights, IL: WavelandPress.

Direktur, P.?:, Guru, J., Kependidikan, D. T., Direktorat, S., Pembinaan, D., & Kependidikan, T. (2019). PENGUATAN KEPALA SEKOLAH SUPERVISI DAN PENILAIAN KINERJA GURU (MPPKS-PKG)

Fuad, Nurhattati, 2021, Supervisi Pendidikan: Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah, Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Gafar Abdul. (2022). Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Mengembangkan Pendekatan Pembelajaran di SMAN 13 Pekanbaru. Journal on Education. Volume 05, No. 01,

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir?: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97.

Juliantoro, O. M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 5(2).

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276

Mulyanto, A., Saifullah, I., & Dkk. (2023). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah. Jurnal Pendidikan Universitas Garut

Ratu, H., Rohmatika, V., Pd, M., Peningkatan, U., & Guru, K. (n.d.). MODEL SUPERVISI KLINIS TERPADU.

Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. 5(1), 40-48.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Setiawan, M. R., Sudrajat, A., &Tedjawiani, 1. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Deskriptif tentang Peran Kepala Sekolah dalam MBS Pada SMPN 3 dan SMPN 4 Malangbong). JIIP-Jumal Ilmiah limu Pendidikan, 5(5), 1335-

Titik Rosilawati. (2014). SUPERVISI AKADEMIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI GURU MENYUSUN PERANGKAT PERSIAPAN PEMBELAJARAN. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan.

Ratu, H., Rohmatika, V., Pd, M., Peningkatan, U., & Guru, K. (n.d.). MODEL SUPERVISI KLINIS TERPADU

Sudadi. (2021). Supervisi Pendidikan Konsep, Teori dan Implementasi. Penerbit Pustaka Ilmu

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Lailan Khairuni, T., & Syukri, M. (2024). Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Akademik Kepala Madrasah di MTS Asuhan Medan. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(4), 1343–1353. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2464