Pengembangan Mutu Pendidikan Melalui Forum Silaturrahim dan Komunikasi Kepala SMP dan MTS Muhammadiyah (Foskam) di SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo

Authors

  • Rozaq Akbar Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Fazlurrahman Hadi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Rahmat Arafah Hari Cahyadi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2190

Keywords:

Pengembangan Mutu Pendidikan, Forum Silaturrahim dan Komunikasi, Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi peran Forum Silaturrahim dan Komunikasi Kepala SMP dan MTs Muhammadiyah (FOSKAM) dalam upaya pengembangan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FOSKAM berperan sebagai platform kolaboratif yang memfasilitasi pertukaran informasi, berbagi pengalaman, dan menyusun strategi bersama antara kepala sekolah SMP dan MTs Muhammadiyah. Temuan ini menyoroti pentingnya forum silaturrahim dalam membentuk komunitas belajar yang saling mendukung untuk meningkatkan mutu pendidikan. Implikasi temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan praktik manajerial kepala sekolah dan pengelolaan pendidikan di sekolah menengah pertama.

References

Abdullah Ach. Abrori Syuhud, Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Religius Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. (Studi Kasus di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan) Tesis UIN Sunan Ampel Surabaya, 2017.

Ahmadi, Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Amiruddin Siahaan dkk, Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan (Journal on Education, vol. 5,)2023

Awalina Qurrotu Aini Luthfiyah, Peran Kepala Madrasah dalam Membentuk Budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Kepung Kediri. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021

Danim Sudarwan, Agenda Pembaruan System Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2006.

Great Schools Partnership, ?Stakeholder Definition,? Glossary of Education Reform https://www.edglossary.org/stakeholder.

Sugiyono, Cara Mudah Menyusun Skripsi Tesis dan Disertasi, Bandung: Alfabeta, 2010

Sukiman, Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Tholchah Moch, Dinamika Pendidikan Islam, Yogyakarta:LKIS Perintis Cemerlang, 2015.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi dan Kompetensi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006).

Ulya Wildatun, tentang Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 2 Tahun 2019.

Zarkasyi Abdullah Syukri, Bekal Untuk Pemimpin, Ponorogo : Trimurti Press 2020.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Akbar, R., Hadi, M. F., & Cahyadi, R. A. H. (2024). Pengembangan Mutu Pendidikan Melalui Forum Silaturrahim dan Komunikasi Kepala SMP dan MTS Muhammadiyah (Foskam) di SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(4), 1187–1194. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2190