Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Teams – Games – Tournaments dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Elyon Surabaya

Authors

  • Daniel Krisna Santoso Universitas Terbuka, Indonesia
  • Ryan Dwi Puspita Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3.2046

Keywords:

Metode Teams-Games-Tournament, Pembelajaran Kooperatif, Keaktifan Siswa

Abstract

Metode pembelajaran kooperatif menawarkan banyak manfaat positif bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dimana siswa bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling membantu dalam belajar. Metode ini melibatkan peran siswa untuk dapat saling bekerjasama dan saling membantu mengatasi permasalahan dalam kegiatan belajar. Metode kooperatif dapat memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk berkreasi. Mereka dilatih ketrampilan-ketrampilan khusus untuk membantu mereka bekerjasama dengan baik. Metode ini diterapkan melalui pembelajaran matematika pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar Elyon Surabaya. Keadaan awal yang dijumpai di kelas adalah sebagian siswa mengalami penurunan semangat belajar dan rendahnya hasil belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil belajar siswa yang optimal serta menciptakan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar di kelas. Metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah Metode Team-Game-Tournament (TGT). Prosedur yang ditempuh dalam penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang memuaskan,yaitu seluruh siswa mengalami ketuntasan nilai tes Matematika dan adanya interaksi belajar dan kerja sama yang maksimal. Keaktifan siswa makin terlihat melalui kepercayaan diri untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Siswa menjadi terlihat ceria dan bersemangat dalam belajar serta memotivasi diri untuk berkompetisi secara sehat dalam permainan di dalam kelas.

References

Arends, R.I., 1997. Classroom Instruction and Management. NewYork: The Mc Graw Hill Companies, Inc.

Bruner, J.S., 1960. The process of education. London : Harvard University Press.

Diyanto, 2006. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Melalui Tipe TGT Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Filial AL IMAN ADIWERNA Tegal Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat [skripsi]. Universitas Negeri Semarang.

Ibrahim, M. Et, all., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Press.

Isjoni, 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustala Pelajar.

Kusumah, W., 2009. Mengenal penelitian Tindakan kelas. Jakarta : PT. Indeks.

Lie, A. 2002., Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Mutafi’ah, R., 2005. Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas IIA Siswa SMPN Amuntai Utara Pada Pembelajaran Biologi Semester Genap Tahun 2005/2006 Melalui “ Strategy Based Student’s Request “. SMPN 2 Amuntai Utara.

Nur, M. 2000., Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Semiawan, C., Tangyong, A.F. & Belen, S. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Silberman, M.L., 2006. Active Learning. Bandung : Nusamedia.

Slavin, R. E. 1992., Cooperative Learning. USA : Allyn and Bacon.

Sudjana, HD. 2000., Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah production.

Wulandari, A., 2008. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa. SMPN 10, Bandar lampung.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Daniel Krisna Santoso, & Ryan Dwi Puspita. (2024). Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Teams – Games – Tournaments dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Elyon Surabaya. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(3), 651–657. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3.2046