DAMPAK KEBAKARAN LAHAN TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI PADA DESA CATUR RAHAYU KEC. DENDANG)

Authors

  • Ahmad Irfandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur
  • Sisran Sisran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur
  • Khusnul Yatima Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v3i2.735

Keywords:

Dampak Kebakaran Lahan, Perekonomian Masyarakat

Abstract

Kebakaran hutan ataupun lahan seolah menjadi rutinitas yang nyaris terjadi setiap tahunya di indonesia. Kebakaran yang terjadi di desa catur rahayu kecamatan dendang contohnya, luas wilayah yang terbakar di  desa catur rahayu mencapai 17 hektar mencakup lahan milik masyarakat, PT sawit dan hutan lindung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah dampak kebakaran lahan terhadap perekonomian masyarakat dan untuk mengetahui seberapa besar dampak kebakaran lahan terhadap perekonomian masyarakat di desa catur rahayu pada tahun 2019. Hipotesis yang di terima yaitu: Kebakaran lahan sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat di Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang. Metode dalam penelirian ini adalah deskriftif kuantitatif. Hasil pengujian menunjukan bahwa dampak kebakaran lahan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Kesipulan yang dapat di ambil yaitu ada pengaruh dari dampak kebakaran lahan terhadap perekonomian masyarakat  dan besarnya pengaruh di ukur dari koefisien determinas sebesar 51,5% sedangkan 48,5%  berasal dari variabel lain yang tidak ada dalam  penelitian ini.

References

Sugiyono, 2013. “Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan r&d”, Bandung: Alfabeta.
Hardani, dkk, 2020. “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”. yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Dinar, Muhammad dan Hasan,Muhammad. 2018. Pengantar Ekonomi: Teori Dan Aplikasi, sulawesi selatan: CV. Nur Lina dan Pustaka Taman Ilmu.
Abdullah, Zaky. 2002. “Ekonomi dalam Perspektif Islam”, Pustaka Setia, Bandung.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam, 2008. Ekonomi Islam, PT. Raja Grafindo Persad.
Faud, Moh. Fachruddin. 1982. Ekonomi Islam, Jakarta: Mutiara.
Soelaeman, M. Munandar. 1998. “Ilmu Sosial Dasar : Teori dan Konsep Ilmu Sosial” Bandung: Refika Aditama.
Soekamto, Soerjono. 2007. “Sosiologi Suatu Pengantar”, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Saharjo, Bambang Hero. 2016. Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Atau Lahan Indonesia, Bogor: IPB Scienec Techno Park.
Lestari, Eka Rahma Citra. 2010. Sekripsi: “Hubungan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Riau Terhadap Kualitas Udara Dan Resiko Kesehatan Masyarakat Di Kota Pekanbaru”, Depok: Universitas Indonesia.
Adinugroho, Wahyu Catur. Dkk. 2004. “Panduan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Gambut”, Bogor: Wetlands International – IP.
SiPongi, 2021. Karhutla Monitoring Sistem, di akses melalui [Online]: http://sipongi.menlhk.go.id/pdf/luas kebakaran. pada [21 februari 2021]

Downloads

Published

2021-12-03

How to Cite

Irfandi, A. ., Sisran, S. ., & Yatima, K. . (2021). DAMPAK KEBAKARAN LAHAN TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI PADA DESA CATUR RAHAYU KEC. DENDANG). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(2), 142–151. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i2.735