FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER SENSI SAAT FENOMENA COVID-19

Main Article Content

Waseso Segoro
Marisa Dwi Ramadhani

Abstract

Produk masker yang merupakan salah satu alternatif pilihan konsumen yang paling banyak dibeli saat ini adalah produk masker SENSI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor lingkungan, perbedaan individu, psikologis, dan bauran pemasaran dapat mempengaruhi keputusan pembelian masker SENSI secara pasrsial dan simultan. PT. Arista Latindo merupakan industri yang memproduksi salah satunya masker mulut atau masker wajah bedah Sensi, yang pada tahun 2020 masker Sensi ini menempati posisi top di Top Brand Index. Teknik pengambilan data dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang berhasil dikumpulkan sebanyak 155 responden.Teknik penempatan responden menggunakan teknik Nonprobability Sampling dan metode yang digunakan yaitu purposive sampling.Pada taham analisis dilakukan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefesien detreminasi. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS ver.20. Hasil menunjuan bahwa variable lingkungan, perbedaan individu, proses psikologis, dan bauran pemasaran secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variable lingkungan, perbedaan individu, proses psikologis, dan bauran pemasaran secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Segoro, W., & Dwi Ramadhani, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER SENSI SAAT FENOMENA COVID-19. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(3), 390-395. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i3.691
Section
Articles

References

Engel JF, Blackwell RD, Miniard PW.1994. Perilaku Konsumen. Edisi ke 3. Diterjemahkan oleh: Budijanto. Jakarta: Binarupa Aksara
Engel et al. 1995. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam, jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta.
Kotler P, G Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Bob Sabran, penerjemah. Adi Maulana, Devri Barnadi, Wibi Hardani, editor. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari: Principles of Marketing. 12th Edition.
Kotler, Philip and Keller Kevin Lane. 2012. Marketing Manajement. 14thed. New Jersey: Prentice Hall Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid kesatu.Edisi Ke-12. Jakarta, Erlangga.
Marlius, Doni. 2017. “Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Pisikologis dan Bauran Pemasaran PT. Intecom Mobilindo Padang”. Jurnal Pundi. Vol. 01, No. 01, Maret 2017.