Penyebab dan Dampak Sikap Apatis Masyarakat Terhadap Sampah di Pantai Loang Baloq: Studi Kognitif Sosial

Authors

  • feri anggara saputra Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Buah Hati Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Dian Ismi Aulia Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Rifka Aulia Pebrianti Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Yuni Ros Meilasari Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Wika Wahyuni Universitas Mataram, Sulawesi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jihhp.v4i6.2466

Keywords:

Apatis, Teori Kognitif Sosial, Penyebab, Dampak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan dampak sikap apatis masyarakat terhadap sampah di Pantai Loang Baloq. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekaman, wawancara, dan analis dokumen. Teori yang digunakan adalah teori sosial koginitif yang dikemukakan oleh Albert Bandura yang mengemukakan bahwa pembelajaran seseorang dipengaruhi oleh tiga peran yaitu peran pribadi, peran perilaku, dan peran lingkungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan berbagai penyebab dan dampak dari sikap apatis masyarakat di Pantai Loang Baloq. Adapun penyebab sikap apatis masyarakat terhadap sampah di Pantai Loang Baloq adalah dikarenakan masyarakat di sekitar Kali Bernyok masih banyak membuang sampah di sekitarnya,  kurangnya kesadaran pengunjung akan kebersihan pantai, fasilitas yang kurang memadai, dan adanya persepsi bahwa kebersihan pantai bukan tanggung jawab semua orang. Dampak yang diberikan dari sikap apatis masyarakat dari sampah di Pantai Loang Baloq terbilang sangat kompleks yaitu berdampak pada lingkungan, ekonomi, dan keberlangsungan wisata di pantai tersebut.

References

Anuggrah C. 2022. Ketidakpedulian Manusia Terhadap Sampah Plastik. Ikonik : Jurnal Seni dan Desain. Volume 4. Nomor 1.

Ardan, F., & Kurniawati, S. D. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Sikap Mengurangi Sampah pada Followers Akun Tiktok@ Pandawaragroup. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 2(4), 44-61.

Asrori, A., & Hasanat, N. U. (2015). Terapi kognitif perilaku untuk mengatasi gangguan kecemasan sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 89-107.

Elga Y. 2019. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI). Jurnal Auladuna. Volume 01. Nomor 02.

Nickerson, Charlote. 2024. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. URL: https://www.simplypsychology.org/social-cognitive-theory.html. Diakses tanggal 30 Juni 2024

Nurul W. Wahidah F. 2022. Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 11. No. 2.

Purnaningtyas, A., & Fauziati, E. (2022). Penerapan Teori Sosial Albert Bandura pada Pembiasaan Pengelolaan Sampah Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2418-2425.

Sudaryono. 2021. Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan mix method. Edisi kedua. Rajawali Pers. Depok.

Vanya. K M. P. 2022. Teori Kognitif Sosial: pengertian dan Asumsinya. URL: https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/19/100000769/teorikognitif-sosial--pengertian-dan-asumsinya#google_vignette. Diakses tanggal 23 Juni 2024

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

feri anggara saputra, Buah Hati, Dian Ismi Aulia, Rifka Aulia Pebrianti, Yuni Ros Meilasari, & Wika Wahyuni. (2024). Penyebab dan Dampak Sikap Apatis Masyarakat Terhadap Sampah di Pantai Loang Baloq: Studi Kognitif Sosial. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 4(6), 2173–2183. https://doi.org/10.38035/jihhp.v4i6.2466