HAK POLITIK WARGA NEGARA DALAM CENGKERAMAN POLITIK IDENTITAS: REFLEKSI MENUJU PEMILU SERENTAK NASIONAL TAHUN 2024

Authors

  • Osbin Samosir Ilmu Politik, FISIPOL Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Indah Novitasari Ilmu Politik, FISIPOL Universitas Kristen Indonesia, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.1052

Keywords:

politik identitas, demokrasi, pemilu, politisi Kristen

Abstract

Salah satu hak terpenting warga negara setiap orang untuk menentukan pilihan politik termasuk pilihan menentukan pemimpin yang akan mengambil tanggung jawab kebijakan Negara. Salah satu dari hak mendasar itu terwujud melalui hak pilih universal. Pemilihan umum dalam konteks Indonesia tidak seindah harapan di atas. Pengalaman pemilihan umum  nasional Indonesia tahun 2014 dan tahun 2019 direcoki dengan politik identitas agama yang memuakkan. Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 juga tidak luput dari sasaran politik identitas agama. Rakyat pemilih bahkan muak melanjutkan proses demokrasi karena kampanye hitam dan kotor merusak batin rakyat di pemilu. Postur demokrasi Indonesia yang masih belum kuat malam semakin terpuruk. Kandidat presiden pun dikategorikan ke kandidat yang satu dianggap didukung oleh partai politik dengan sebutan partai politik yang diridoi Allah, sementara calon presiden yang lain dikategorikan sebagai partai yang didukung oleh partai-partai yang diridhoi oleh setan atau iblis. Semua idealism demokrasi terlupakan yakni ketika prinsip-prinsip demokrasi yaitu penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia, pemilihan umum yang terbuka dan adil, serta kebebasan pemilih menjadi kabur dan cenderung hilang. maraknya penggunaan isu politik identitas khususnya atas nama agama sangat berbahaya bagi pertumbuhan demokrasi dan proses politik yang sehat di Indonesia.

References

Buku-buku:
Almond, Gabriel A., “Sosialisasi, Kebudayaan dan Partisipasi Politik”, dalam Mohtar Mas’oed dan Colin MacAndrews (eds.), Perbandingan Sistem Politik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2000,
_______, Gabriel A. dan G. Bigham Powell, Jr., Comparative Politics, System, Process and Policy, second edition, Boston: Little , Brown and Company, 1978
Anderson, Benedict dan Audrey Kahin (eds), Interpreting Indonesia Politics: Thirteen Contributions to the Debate, Cornell Modern Indonesia Project, Ithaca, New York, 1982.
Budiardjo, Miriam, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 1993.
________, Miriam, Demokrasi di Indonesia: Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Pancasila, Kumpulan Karangan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,
________, Miriam (peny.), Simposium Kapitalisme, Sosialisme, Demokrasi, Jakarta: Penerbit PT Gramedia, 1984.
Burns, Edward McNall, et al. Western Civilization: Their History and Their Culture. New York: W.W. Norton & Company, 1984.
Dahl, Robert A. Democrcy and Its Critics. New Haven: Yale University Press, 1989.
___, Robert A. On Democracy. New Haven: Yale University Press, 1989
Dahl, Robert A. Perihal Demokrasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2001.
Feith, Herbert, The Decline of Constitutional Democracy in Indonesia, Ithaca and London, Cornell University Press, 1962.
Fuqoha dan Sukendar, “Dinamika Gerakan Sosial Politik Islam Dalam Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019” dalam Proceeding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, (Bandung: STIA LAN Bandung, Oktober 2018)
Fuqoha dan Sukendar, “Dinamika Gerakan Sosial Politik Islam Dalam Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019” dalam Proceeding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, (Bandung: STIA LAN Bandung, Oktober 2018.
Hatta, Mohammad, Kumpulan Karangan (I), Penerbit “Bulan Bintang”, Jakarta, 1952.
_____, Mohammad, “Pendjadjahan dan Soal Bangsa”, Daulat Ra’jat No. 11, 30 Desember 1931.
____, Mohammad, “Indonesia Dalam Perhoeboengan Doenia”, Daulat Ra’jat No. 40, 20 Oktober 1932.
____, Mohammad, “Collectivisme Toea dan Baroe”, Daulat Ra’yat No. 75, 10 Oktober 1933.
Hasil Penelitian Indeks Demokrasi Asia: Kasus Indonesia Tahun 2014 oleh Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI, dipublikasikan di Pasca Sarjana UI, Jl Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (12/12/2014).
Himpunan Risalah Sidang-Sidang dari Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) (Tanggal 29 Mei 1945 — 16 Juli 1945) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( PPKI) (Tanggal 18 Dan 19 Agustus 1945) yang Berhubungan dengan Penyusunan Undang-Undang Dasar 1945, (Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia, [tanpa tahun]).
Huntington, Samuel P., “Democracy’s Third Wave”, dalam Bernard E. Brown dan Roy C. Macridis, eds., Comparative Politics: Notes and Readings, 8th edition, Belmont: Wadsworth Publishing Company, 1996.
Kahin, George McTurnan, Nasionalisme dan Revolusi di Indonesia, terj. Ismail bin Muhammad B.A. (Hons), Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pelajaran Malaysia, 1980.
Kahin, Audrey, Rebellion to Integration: West Sumatra and the Indonesian Polity, 1926-1998, Amsterdam: Amsterdam University Press, 1999.
_____, Audrey R., West Sumatra: Outpost of the Republic, dalam Audrey R. Kahin (ed.), Regional Dynamics of the Indonesia Revolution: Unity from Diversity, Honolulu: University of Hawaii Press, 1985.
Khan, Rais A., James D. McNiven dan Stuart A. MacKown, An Introduction to Political Science, revised edition, Georgetown, Ontario: Irwin-Dorsey Limited, 1977.
Laffan, Michael. Sejarah Islam di Nusantara (terjemahan oleh Indi Aunullah) (Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2015.
Leeds, C. A., Political Studies, 2 nd edition, London: MacDonnald & Evans, Ltd., 1975.
Magnis-Suseno SJ, Franz, Mencari Sosok Demokrasi: Sebuah Telaah Filosofis, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1995.
_______________, Franz, “Cita-Cita Kenegaraan Bung Hatta”, makalah dalam seminar nasional tentang Membedah Pemikiran Perjuangan Bung Hatta, Arsip Nasional Republik Indonesia, 14 Agustus 2002.
Maarif, Ahmad Syafii. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah. Jakarta: Mizan, 2015.
Mazour, Anatole G. dan John M. Peoples, Men and Nations; A World History, 3rd edition, New York: Harcourt Brace Jovanovich, 1975.
Meyer, . Thomas, Demokrasi: Sebuah Pengantar Untuk Penerapan, diterbitkan oleh Friedrich-Ebert-Stiftung Kantor Perwakilan Indonesia, 2005.
Panji Anugerah. Indeks Demokrasi Asia: Kasus Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI, 2014.
Profil Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Periode 2014 – 2019. Jakarta: Komisi Pemilihan Umum, 2014.
Profil Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Periode 2019 – 2024. Jakarta: Komisi Pemilihan Umum, 2019.
Rauf, Maswadi, “Musyawarah untuk Mufakat: Sebuah Cara Penentuan Kebijaksanaan Politik dalam Pembangunan Politik di Indonesia”, dalam Amir Santoso (ed.).
Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), Jakarta: Sekretariat Negara RI, 1995.
Silalahi, Harry Tjan. “Kader Kristen: Urgensi dan Tantangan”, dalam Panggilan Membangun Bangsa dan Negara.Dasar Pedoman dan Arah Keterlibatan Politik Kristen. Jakarta: PDKB Kasih Demi Bangsa, 2009.
Sulaeman. Pemikiran Demokrasi Moh Hatta, [disertasi] (Jakarta: Ilmu Politik UI, 2009).
Surjo, dkk., Djoko, Agama dan Perubahan Sosial: Studi tentang Hubungan antara Islam, Masyarakat, dan Struktur Sosial-Politik Indonesia, Yogyakarta: Pusat Studi Sosial dan Asia Tenggara, UGM, 2001.
Zainuddin, A. R. Pemikiran Politik Islam: Islam, Timur Tengah dan Benturan Ideologi (Jakarta: Penerbit Pensil-324, 2004).

Jurnal, Koran, Majalah:
“17 Poin Pakta Integritas Ijtima Ulama II yang disetujui Prabowo” (Laporan dan Kajian Tempo) dalam www.tempo.co, Minggu 16 September 2018.
“Amien Rais Dikotomikan Partai Setan Dan Partai Allah”, dalam Laporan CNN di www.cnnindonesia.com pada Jumat 13 April 2018.
“PDIP Menunggu manuver Amiern Rais soal Ganti Presiden 2019”, dalam www.tempo.co pada Minggu 10 Juni 2018.
“Pemilu 2019: Darul Islam Bayangi Bangkitnya Politik Islam di Indonesia” dalam https://www.matamatapolitik.com on May 2, 2019 at 2:51 PM.
Azra, Azyumardi. “Genealogy of Indonesian Islamic Education: Roles in the Modernization of Muslim Society” dalam Heritage of Nusantara, vol. 4, no. 1, 2015.
Azra, Azyumardi. “Network of Ulama in the Haramayn: Connection in the Indian Ocean Region” dalam Studia Islamika, vol. 8, no. 2, 2001.
Badrun, “Gerakan Aksi persaudaraan Islam” dalam www.republika.co.id pada 10 Oktober 2018.
Budi Kurniawan, “Politisasi Agama di Tahun Politik: Politik Pasca-Kebenaran di Indonesia dan Ancaman bagi Demokrasi” dalam Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Vol. 12, No. 1, Januari-Juni 2018/ISSN: 1978-4457 hal 143-144.
Budiardjo, Miriam, ‘Pendekatan-pendekatan Dalam Ilmu Politik’, Jurnal Ilmu Politik No. 1, 1986.
Crouch, Harold, “Democratic Prospects in Indonesia”, Asian Journal of Political Science, Vol. 1, No. 2, Desember 1993.
Fuqoha, F. et.al, “Gerakan Sosial Islam Diantara Gagasan Demokrasi Konstitusional dan Ancaman Radikalisme di Indonesia” dalam https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id, Tahun 2018.

Imaduddin Muhammad, Wildan. “Ormas Islam di Jawa Barat dan Pergerakannya: Studi Kasus Persis dan PUI”, dalam ANALISIS, Volume XVI, Nomor 2, Desember 2016 jurnal Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kurniawan, Budi. “Politisasi Agama di Tahun Politik: Politik Pasca-Kebenaran di Indonesia dan Ancaman bagi Demokrasi” dalam Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Vol. 12, No. 1, Januari-Juni 2018/ISSN: 1978-4457.
Lestari, Sri (wartawan BBC). Pertarungan pilpres sengit di media social, BBC Indonesia, pada 5 Juli 2014.
Madjid, Nurcholis, “Bung Hatta: Dari Demokrasi Minangkabau ke Demokrasi Indonesia”, Jurnal Reformasi Ekonomi, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2002.
Miriam Budiardjo, “Pendekatan-Pendekatan dalam Ilmu Politik”, dalam Jurnal Ilmu Politik 1, 1986.
Muhsin Z., Mumuh. “Penyebaran Islam Di Jawa Barat, makalah yang disampaikan dalam Saresehan Nasional “Sejarah Perjuangan Syaikhuna Badruzzaman (1898 – 1972) n pada tanggal 13 Juni 2010 di Pondok Pesantren al-Falah, Mekargalih, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Jawa Barat.
R. Antares P, “Perjalanan Ijtima Ulama 1 sempai Ijtima Ulama 3”, dalam www.tagar.id . pada 3 Mei 2019.

Website, News:
www. tirto.id, 23 Juli 2019.
www.bbc.com, 10 Oktober 2018.
www.bbc.com/indonesia, 21 Februari 2017.
www.detiknews.com, 12 Des 2014.
www.kompas.com, 9 Juni 2014.
www.kompas.com, 15 dan 17 Mei 2019.
www.konstituante.net, 10 Agustus 2020.
www.kpu.go.id, 26 November 2019.
www.kumparan.com, 10 Juni 2018.
www.pilpres.tempo.co, 15 Desember 2018
www.republika.co.id, 3 Mei 2018.
www.republika.co.id, 13 Mei 2019.
www.sindonews.com, 10 Oktober 2018).
www.wikipedia.com, 10 Agustus 2020.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Samosir, O., & Novitasari, I. . (2022). HAK POLITIK WARGA NEGARA DALAM CENGKERAMAN POLITIK IDENTITAS: REFLEKSI MENUJU PEMILU SERENTAK NASIONAL TAHUN 2024. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(3), 332–346. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.1052