PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TELEVISI, LITERASI EKONOMI, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI KASUS GURU SMA NEGERI KABUPATEN MUSI BANYUASIN)

Authors

  • Suratno Suratno Universitas Jambi, Indonesia
  • Denny Denmar Universitas Jambi, Indonesia
  • Hepy Hepy Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i4.454

Keywords:

Pembelian Impulsif, Daya Tarik Iklan Televisi, Literasi Ekonomi, Kontrol Diri.

Abstract

Penjualan ritel yang menurun pada tahun 2017 di Indonesia membuat beberapa ritel ternama seperti 7-Eleven, Clarks Indonesia, Banana Republic, GAP, Dorothy Perkins, dan New Look menutup gerai toko mereka di Indonesia. Selain penjualan ritel yang menurun, pertumbuhan toko ritel modern di Indonesia juga mengalami penurunan dari tahun 2016 yakni dari yang awalnya di angka 9% menjadi 7,5% pada tahun 2017. Faktor yang membuat beberapa toko ritel menutup gerai mereka adalah karena adanya e-commerce yang menjadi pesaing kuat dari ritel konvensional pada saat sekarang ini. Daya beli masyarakat yang masih rendah juga menjadi faktor lainnya yang membuat penjualan ritel di tahun 2017 menurun. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik iklan televisi terhadap pembelian impulsif dengan arah pengaruh positif. Ini mengandung arti bahwa daya tarik iklan televisi yang semakin baik akan meningkatkan pembelian impulsif guru. Sedangkan pada variabel literasi ekonomi erdapat pengaruh yang signifikan antara literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif dengan arah pengaruh negatif. Ini mengandung arti bahwa rendahnya literasi ekonomi maka akan meningkatkan pembelian impulsif guru serta pada variabel kontrol diri terdapat pengaruh yang signifikan antara kontrol diri terhadap pembelian impulsif dengan arah pengaruh negatif. Ini mengandung arti bahwa rendahnya kontrol diri maka akan meningkatkan pembelian impulsif guru. Diharapkan pada pihak Produsen harus banyak memiliki inovasi-inovasi baru dan selalu peka mengikuti perkembangan trend yang muncul di mansyarakat khususnya guru untuk memancing impulsivitas konsumen terhadap produknya. Iklan-iklan dibuat semenarik mungkin dan bersifat sugestibel serta mudah dilihat sehingga lebih dapat menimbulkan ketertarikan yang mendorong guru melakukan impulsive buying pada produk tersebut. Untuk memasarkan produk juga bisa dilakukan melalui internet yaitu marketplace, online shop di sosial media seperti facebook, instagram dan masih banyak lagi.

References

Abbas, N., & Awan, A.G. (2015). Impact Of Demographic Factors On Impulse Buying Behavior Of Consumers Ini Multan-Pakistan. European Journal of Business and Management. 7 (22).
Ariani, Nur., Rizka, Maulidya. (2016). Pengaruh Daya Tarik Iklan Online Shop terhadap Pembelian Impulsif (Impulsive Buying) pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Malang : Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim.
Bong, S. (2011). Pengaruh In-Store Stimuli Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket di Jakarta. Ultima Manajemen, Vol. 3 No. 1.
Budiwati, Neti. (2014). Analisis Literasi Ekonomi dan Perilaku Konsumen. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Dendy, Triadi Bharata., & Addy, Sukma. (2010). Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori dan Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindi.
Fernanda, Maria. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan/Vol. 3/No.5/September - 2019 : 07-12.
Ghufron, M. N. & Rini R. S. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hoyri S, Imam. (2014). Kontrol Diri Dan Perilaku Konsumtif Pada Siswa SMA (Ditinjau Dari Lokasi Sekolah). Jurnal Online Psikologi. Vol. 2 No.1.
Kharis, Ismu Fadli. (2011). Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online (Studi Kasus di Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana.
Marhayati. (2012). Hubungan Antara Loneliness Terhadap Impulsive Buying Produk Fashion Pada Mahasiswi Konsumen Online Shop. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Morissan, A.M. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.
Neilsen, 2017. Cross Platform Report. Diakses pada tanggal 11 Januari 2020. http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2017/THE-NEWTRENDSAMONGST-INDONESIAN-NETIZEN
Nuraeni. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta : UNY
Paramita, Adiska O., Zainul Arifin, dan Sunarti. (2014). Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara. Jurnal Administrasi Vol.8 No.2.
Pratiwi, Indah. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksh. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 9 No.1.
Rahman, David J. (2012). Pengantar Ilmu Administrasi Niaga. Jakarta: Karunia.
Rozaini, Noni. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, Vol. 8 No. 1.
Sarah, Dira. (2014). Peranan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Remaja Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin Di Samarinda. Ejournal Psikologi, 1 (3).
Sina, Peter, G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia. Vol.8 No.2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syamsul, B.T. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Utami, Christina Whidya. (2010). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.
Yarahmadi, Hasti dan Karbasivar Alireza. (2011). Evaluating Effective Factors on Consumer Impulse Buying Behavior. Asian Journal of Business Management Studies, 2 (4), 174181.

Downloads

Published

2021-03-12

How to Cite

Suratno, S., Denmar, D. ., & Hepy, H. . (2021). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TELEVISI, LITERASI EKONOMI, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI KASUS GURU SMA NEGERI KABUPATEN MUSI BANYUASIN). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 501–515. https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i4.454