Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Algoritma dan Pemrograman Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo

Authors

  • Agus Yudiatmoko Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Bachtiar Sjaiful Bachri Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Alim Sumarno Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i2.3355

Keywords:

Multimedia Pembelajaran Interaktif, Movitasi Belajar, Algoritma, Pemrograman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI pada materi Algoritma dan Pemrograman di SMA Negeri 1 Gedangan – Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evalution) untuk mengembangkan produk dengan lima tahap: 1) Analisis; 2) Desain; 3) Pengemnangan; 4) Implementasi; 5) Evaluasi. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli media, ahli materi, respon guru, dan 28 respon dari siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif (MPI) yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran materi Algoritma dan Pemrograman kelas XI. Kelebihan dari Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) ini tersedianya bahan pembelajaran yang dirancang secara online memberikan gambaran nyata untuk membantu siswa dalam memahami materi Algoritma dan Pemrograman (AP) dilengkapi Ice Breaking, Materi pembelajaran, Video, dan evaluasi yang bisa memberi motivasi belajar siswa dan membangun semangat belajar meningkatkan keinteraktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

References

Anonim. 2024. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (https://kbbi.web.id/mandiri diakses 14 Februari 2024).

Ariani, Niken. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arifin, Wildan Aprizal. 2022. Informatika Untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Makassar: UIN Alaudin Press.

Branch, Robert M. 2009. Instructional Design – The ADDIE Approach. New York: Springer.

Daryanto. 2010. Pembelajaran Interaktif berbasis Multimedia. Surabaya: Erlangga

Elida, T. & W. Nugroho. 2003. Pengembangan Computer Assisted Instruction (CAI) pada Praktikum Mata Kuliah Jaringan Komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 5 no. 1. ISSN 1441-2744.

Elvina, Dwi dan Ika Parma Dewi. 2020. Analisis Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Dasar Listrik dan Elektronika. (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index diakses 19 November 2023).

Fatimah, C. dan Puspaningtyas ND. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di MAN 1 Lampung Selatan. Lampung: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung.

Illahi, Tiara AR dkk. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Surabaya: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Unesa.

Inas Nafisah. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) melalui Pembuatan awetan Bioplastik terhadap keterampilan Berpikir Kreatif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 12 Bandar Lampung pada materi keanekaragaman Makhluk Hidup. Karya Tulis Ilmiah (Skripsi) yang tidak dipublikasikan.

Johnson. 2009. Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-mengajar dan Mengasyikan dan bermakna, Terj. Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Maskar, S, dkk. 2020. Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Lampung: Jurnal Cendekia (Jurnal Pendidikan Matematika).

Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi ( GP Press Group).

Mushthofa, dkk.2021. Informatika untuk SMA Kelas XI. Jakarta Pusat: Pusat kurikulum dan Perbukuan Kemdikbudristek.

Pramono, Gatot. 2008. Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi – Bahan Pelatihan TIK Untuk Pendidikan Panduan Bagi Instruktur.

Priyanto, Yuli, 2015. Pengembangan media game edukasi pembelajaran Compréhension écrite bahasa prancis berbasis macromedia Flash. Karya Tulis Ilmiah (Skripsi) yang tidak dipublikasikan.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusdatin Balitbang Depdiknas.

Republik Indonesia. 2022. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan No 008/H/KR/ 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.

Saputra, Hardika. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Lampung: Perpustakaan IAI Agus Salim.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Setyowati, A. 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Banjarmasin: Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Universitas Lambung Mangkurat.

Smaldino, Sharon E dkk. 2011. Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Prenamedia Group.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2020. Media Pengajaran. Bandung: SBAlgensindo.

Sugiharto, Hari dan Atan Pramana. 2023. Feasibility pf E-learning Textbooks of Item Material to Improve Student Competence.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, Huri. 2012. Pengaruh Kecerdasan Matematis - Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Suhendri, H. 2012. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (https://journal.lppmunindra.ac.id/ diakses 02 Februari 2024).

Suliantini, Deni Agustin. 2015. Pengembangan M-Learning Schoology Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI SMA Negeri 4 Sidoarjo. Karya Tulis Ilmiah (Tesis) yang tidak dpublikasikan.

Suprapto, Agus. 2015. Pengembangan Media CAI dalam Pembelajaran Gerakan Taktis dan Kolone untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama Artileri Pertahanan Udara. Karya Tulis Ilmiah (Tesis) yang tidak dipublikasikan.

Wahyono, dkk. 2021. Buku Panduan Guru Informatika untuk SMA Kelas XI. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbudristek.

Wijaya Ratna. 2022. Pembelajaran Interaktif: Pengertian, Langkah dan Manfaat. (https://naikpangkat.com/pembelajaran-interaktif-pengertian-langkah-dan-manfaat/2/ diakses 2 November 2023).

Zulkarnain. 2011. Penerapan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 3 Medan. Sumut: Universitas Sumatera Utara (USU).

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Agus Yudiatmoko, Bachtiar Sjaiful Bachri, & Alim Sumarno. (2024). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Algoritma dan Pemrograman Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(2), 865–876. https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i2.3355