PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT, SKILL, DAN ATTITUDE TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT SUN LIFE SYARIAH DI JAKARTA)

Authors

  • C. Catur Widayati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mercu Buana
  • Sri Anah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mercu Buana
  • Muhammad Usman Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.848

Keywords:

Knowledge Management, Skill, Attitude, Kinerja Karyawan, sumber daya manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Knowledge Management, Skill, dan Attitude Terhadap Kinerja Karyawan. Objek penelitian ini adalah Karyawan PT Sun Life Syariah berlokasi di Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap 35 responden dengan menggunakan design penelitian kausal. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian ini adalah analisis deskriptif dan uji instrumen dalam bentuk Uji Validasi dan Uji Realibilitas dengan software smartPLS (Partial Least Square) Versi 3.0. hasil penelitian ini menunjukan bahwa Knowledge Management berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, dan Skill berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, dan Attitude berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan PT Sun Life Syariah di Jakarta.

References

Anisa, R. F., & Susilo, H. (2018). Pengaruh Outbound Training Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kantor Pusat d’Besto, PT Evalinda Berkah Mandiri Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), 203-210.
Fasmitha, S. D. (2017). Pengaruh Knowledge Management Dan Kemampuan Individu Terhadap Kinerja Guru.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hakim, A. (2016). Pengaruh Knowledge Management dan Keterampilan Terhadap Kinerja . Jakarta.
Hasibuan. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Indonesia.
Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Indriani, S. (2016). Pengaruh Keterampilan dan Motivasi Terhadap Kinerja. Jakarta.
Iskandar, R. (2016). Sebuah studi tentang dampak Attitude terhadap Kinerja Karyawan. Indonesia.
Kandou, Y. L. (2016). Pengaruh knowledge management, skill dan attitude terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Bank Sulutgo Kantor Pusat di Manado). EFISIENSI, 16(1).
Latief, A., Nurlina, N., Medagri, E., & Suharyanto, A. (2019). Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11(2), 173-182.
Rivai. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Indonesia.
Rosmelia, & dkk. (2014). Dampak Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan. Jakarta.
Serdamayanti, (2011) Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Shofa, S., & Djastuti, I. (2013). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Pada Karyawaan Room Division Hotel Patra Jasa Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Sinaga, A. (2017). Pengaruh Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Karyawan Dalam Organisasi. Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Alfabeta.
Taroreh, M. (2017). Pengaruh Sikap progresif terhadap Kinerja karyawan di PT BNI Life Insurance. Jakarta.
Untari, N. P., Sudarwati, S., & Wulan, I. A. D. P. (2018). Analisis Attitude, Knowledge Dan Skill Terhadap Kinerja Di Hotel (Studi Tentang Kinerja Alumni Victoria Hotel School). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 25-31.
Wahyuni, S., Suprihanto, J., & Suhartono, S. (2018). Evaluasi Pelatihan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi Dalam Upaya Mengoptimalkan Potensi Kinerja Organisasi Di Pengadilan Negeri Kebumen (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).
Wijayanti, D. P., & Sundiman, D. (2017). Pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan: Studi empiris pada PT. SMS Kabupaten Kotawaringin Timur [The influence of knowledge management toward employee performance: An empirical study at PT. SMS Korawaringin Timur district]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 12(1), 69-85.
Yunita lidya kandou, V. P. (2016). Pengaruh Knowledge Management, Skill, dan Attitude terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Sulutgo Kantor Pusat di Manado). Indonesia.
Yusup, Y. (2019). Pengaruh Skill Dan Knowledge Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 1(1), 6-12.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Catur Widayati, C., Anah, S., & Usman, M. (2022). PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT, SKILL, DAN ATTITUDE TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT SUN LIFE SYARIAH DI JAKARTA). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1), 128–138. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.848