PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PT.SAWAH SOLOK

Authors

  • Rio Putra Student of Program Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.767

Keywords:

Kepemimpinan, Kompetensi, Kinerja Karyawan, organizational citizenship behavior (OCB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Dan organizational citizenship behavior (OCB) Sebagai Variabel Intervening Pada PT. SAWAH SOLOK. Metode pengumpulan data melalui survei dan menyebarkan kuisioner, dengan sampel  100 responden yang di dapat dengan rumus sampel jenuh pada populasi PT. SAWAH SOLOK sebanyak 100. Metode analisis yang digunakan adalah inner model dan path coefficients. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan path coefficients diperoleh : (a)  kepemimpinan  berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, (b) kepemimpinan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB), (c) kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, (d) kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) (e) kinerja karyawan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Akhirnya penulis menyarankan untuk pihak PT. SAWAH SOLOK meninggkatkan kepemimpinan dan kompetensi, serta kinerja karyawan dan organizational citizenship behavior (OCB) dengan penigkatan masing-masing indikatornya Karyawan sadar akan kemampuan diri, minat atau kemampuan dirinya, motivasi karyawan. Disarankan pada peneliti yang berminat melanjutkan penelitian ini, untuk menambah varialle diluar model ini.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Herani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Bengkel Yamaha 2 Mei Bandar Lampung). Universitas Lampung, 301(5), 83.
Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rivai, Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.
Robbins, P. Stephen. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta. Sekaran, Uma.
Sutanjar, Tatan dan OyonSaryono. 2019. PengaruhMotivasi, Kepemimpinan dan KedisiplinanterhadapKinerja. Journal of Management Review, ISSN-P : 2580-4138 Volume 3 Number 2 P321-325
Sutikno. (2014). Pemimpin dan Kepemimpin: Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang diidolakan. Lombok; Holistica Lombok.
Titisari, P. 2014. Peranan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jember : Mitra Wacana Media
Sarwono, jonathan, & Narimawati, U. (2014). Membuat Skripsi,Tesis,dan Disertasi (T. A. PRABAWATI (ed.)). C.V ANDI OFFSET.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D (Cet. 23). ALFABETA,CV.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja Edisi ke Empat, Rajawali.

Downloads

Published

2021-12-19

How to Cite

Putra, R. . (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PT.SAWAH SOLOK. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 989–1001. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.767