FAKTOR ANALISA LINGKUNGAN INTERNAL (STUDI KASUS BERDIRINYA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI DI STAIN BENGKALIS)

Main Article Content

Nurhaida Selian
Al Hudori
Maisyah Maisyah

Abstract

Hadirnya perguruan tinggi di daerah Kabupaten dan Kota di satu sisi tentunya memberikan angin segar bagi warga negara agar tetap mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi dengan jarak dan tentunya biaya yang relatif terjangkau. Hadirnya perguruan tinggi di daerah khususnya kabupaten bengkalis  mulai dari politeknik,sekolah tingg,institute hingga universitas merupakan jawaban dari tuntutan Undang-Undang dalam mencerdaskan kehidupan bangsa tanpa mengenal kelompok dan daerah, artinya semua warga negara berhak untuk mengenyam pendidikan. Namun pada sisi yang lain banyaknya perguruan tinggi yang berdiri tentunya bagi masing-masing institusi menjadi ancaman dalam keberlangsungan atau eksistesi masing-masing lembaga. Dengan berdirinya program studi pendidikan islam anak usia dini menjadi sebuah peluang bagi peminat dan kebutuhannya karena banyaknya pertumbuhan pendidikan PAUD di kabupaten secara otomatis tingginya kebutuhan sarjana di bidang PAUD juga dengan demikian artikel ini menganalisis faktor internal maka berdirinya program studi bisa menjadi prodi yang banyak diminati karena dibutuhkan oleh masyarakat bengkalis.

Article Details

How to Cite
Selian, N., Hudori, A., & Maisyah, M. (2021). FAKTOR ANALISA LINGKUNGAN INTERNAL (STUDI KASUS BERDIRINYA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI DI STAIN BENGKALIS). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 713-729. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.631
Section
Articles

References

Amirullah, Manajamen Strategi : Teori-Konsep-Kinerja (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015).
Azhar Arsyad, dkk, Pengantar Manajemen, Cet. I (Makassar: Alauddin Press, 2006).
Departemen Agama, AI-Qur’an dan Terjemahan (Kudus: PT. Menara Kudus, 2006).
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2010).
Haunger J. David dan Tomas L Wheelen, Manajemen Strategi (Yogyakarta: Andi,2003).
Irham Fahmi, Manajemen Strategis (Bandung: Alfabeta, 2017).
Isniati dan M. Rizki Fajriansyah, Manajamen Strategik : Intisari Konsep & Teori (Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2019).
Jauch, Lawrence R. and Glueck, William F., Bussiness Policy and Strategic Management (Singapore: McGraw-Hill Book Company, 1999).
Maisah, Manajemen Strategik dalam Perpektif Pendidikan Islam (Jambi: Salim Media Indonesia, 2018).
Peacrce, John A.II and Robinson, Richard B. Jr, Strategic Management: Strategy, Formulation and Implementation (Homewood, III: Richard D. Darwin, 1998).
Prim Masrokan Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Cet. II. (Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2014).
Sedarmayanti, Manajemen Strategi (Bandung: Refika Aditama, 2016).