PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA DAN PRESTASI PERUSAHAAN

Authors

  • Sitti Tari Utama Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.449

Keywords:

Disiplin kerja, Pengembangan karir SDM, Kinerja dan prestasi perusahaan

Abstract

Penilaian terhadap kinerja dan prestasi setiap unit perusahaan sangat penting dilakukan setiap periode tertentu untuk memberikan trigger pada setiap unit tersebut dalam mempertahankan atau meningkatkan kinerja dan prestasi yang akan dicapai. Adapun semakin baik tingkat kinerja dan prestasi yang dicapai setiap unit akan memberikan keuntungan pada perusahaan. Meski saat ini sudah ada teknologi yang canggih yang sangat berdampak pada berbagai kegiatan perusahaan dan dapat meningkatkan efisiensi, kinerja dan prestasi sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam sebuah organisasi. Sumber daya manusia sangat penting untuk diberikan arahan dan bimbingan dari manajemen sumber daya manusia agar menghasilakn kinerja yang optimal. Bentuk kinerja yang optimal pada sumber daya manusia dipengaruhi oleh disiplin kerja yang ada pada setiap karyawan / pekerja dan keberhasilan kegiatan pengembangan karir yang dilakukan oleh managemen sumber daya manusia yang ada pada perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh disiplin kerja dan pengembangan karir sumber daya manusia terhadap kinerja dan prestasi yang dicapai perusahaan.

References

Ali, H., Limakrisna, N., & Jamaluddin, S. (2016). Model of customer satisfaction: The empirical study at Bri in Jambi. International Journal of Applied Business and Economic Research.
Ali, H., Mukhtar, & Sofwan. (2016). Work ethos and effectiveness of management transformative leadership boarding school in the Jambi Province. International Journal of Applied Business and Economic Research.
Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi). Deeppublish: Yogyakarta.
Author. Definisi Kinerja.[Online]
Tersedia: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/2440/3/BAB%20II.pdf [2 oktober 2020]
Carnila dkk. (2014). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan AJB BUMIPUTERA 1912 Cabang Kayutangan Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Vol.9 No.1.
Luh, Ni Putu dan Wayan I.(2016). Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan melalui Mediasi Motivasi Kerja pada Karya Mas Art Gallery. E-Jurnal Manajemen Unud Vol.5 No.9.
Nilam, Novitri Sari.(2016). Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Utara Sektor Pembangkit Mahakam Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 4 (2) 2016 : 620 -630.
Nur, Ahmad Rofi. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada Departemen Produksi PT.LEO Agung Raya Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntasi Terapan Vol.3 No.1
Wahyuni,Dwi., Nayati,Hamidah & Ruhana,Ika. (2014). Pengaruh Pengembangan Karier terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap PT.Astra Internasional, Tbk Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Vol.8 No.1.

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Tari Utama, S. (2021). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA DAN PRESTASI PERUSAHAAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 281–287. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.449