ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERHA PERUSAHAAN IKBI – PT SUMI INDO KABEL, TBK

Authors

  • T Riza Syahrial Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.405

Keywords:

Rasio Keuangan, Du Pont System, Kinerja Perusahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui gambaran Likuiditas, Aktivitas, dan Profitabilitas pada Perusahaan sub sektor kabel PT SUMI INDO KABEL, Tbk. 2. Untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Aktivitas dan Profitabilitas terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan sub sektor kabel PT SUMI INDO KABEL, Tbk. Alat analisis yang digunakan yaitu berupa analisis Du Pont System. Analisa Du Pont System adalah analisis yang memberikan informasi mengenai faktor-faktor yang menyebabkan naik turunnya kinerja keuangan perusahaan yang menunjukkan hubungan antara Net Profit Margin, Total Asset Turnover, dan Return on Investment untuk berkaitan dengan hasil Return on Equity perusahaan. Untuk rasio keuangan yang digunakan ada empat rasio yang digunakan yaitu rasio likuiditas yang terdiri dari rasio lancar, quick ratio, kemudian rasio aktivitas yang terdiri dari perputaran piutang, perputaran persediaan, dan perputaran total aset, kemudian rasio solvabilitas terdiri dari hutang. rasio aset dan rasio hutang terhadap ekuitas, dan yang terakhir adalah rasio profitabilitas yang terdiri dari margin laba bersih, pengembalian investasi dan pengembalian ekuitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja perusahaan masih cenderung kurang baik karena fluktuasi nilai pada Return on Investment dan Return on Equity dan bahkan berada dibawah standar industri.

References

Brigham, Eugene F. Dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi ke 10. Jakarta: Salemba Empat.
Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Cetakan keduabelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Horne, James C. Van dan John M Wachowicz, Jr. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 13). Jakarta: Salemba Empat.
Ismail. 2010. Manajemen Perbankan. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana
Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan kedelapan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke-4, Liberty, Yogyakarta. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2004. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jakarta: Salemba Empat.
Murhadi, Werner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.
Soemarso, S.R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat.
Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.
Syahnunan. 2015. Manajemen Keuangan 1. Edisi ketiga. Medan: USU press.
Alwi, Syafaruddin.1993. Alat-alat Analisis Dalam Pembelanjaan. Edisi Keempat, Andi Offset. Yogyakarta.
Anugrahani, Evida. 2007. Analisis Du Pont System Dalam Mengukur Kinerja
Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabet.
Hanafi, Mamduh M. & Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Edisi keempat. Cetakan pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Harahap, Sofyan Syafri. 1998. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Harahap, Sofyan Syafri. 2004. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-11-11

How to Cite

Syahrial, T. R. (2020). ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERHA PERUSAHAAN IKBI – PT SUMI INDO KABEL, TBK. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(2), 728–737. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.405